Comscore Tracker

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 Tahun

Makanya jangan lakukan lagi, ya!

Apa yang kamu lakukan sekarang memang tidak akan langsung berdampak saat ini juga. Bisa jadi sepuluh atau dua puluh tahun mendatang. Banyak orang bilang mumpung masih muda maka jalani hidup sesuka hati saja. Kalimat tersebut nyatanya bermakna ceroboh yang biasanya dilakukan orang yang tidak berani bertanggung jawab atas hidupnya sendiri.

Kalau kamu terus lakukan hal ini saat masih 20an, kamu hanya akan menuai kecewa dan penderitaan sepuluh tahun berikutnya. Jangan lakukan lagi, ya!

1. Hidup hanya sekali, sayang kalau tidak digunakan bersenang-senang

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 TahunUnsplash.com/Jacob Owens

Bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang dan harus bekerja terus-menerus, tapi percaya pada kalimat tersebut hanya akan menjerumuskanmu pada lubang kesusahan. Percuma hari ini bersenang-senang kalau tuamu nanti meminta-minta. Jadi anak muda yang penting adalah berpikir panjang. Jangan biasakan untuk selalu memuaskan hawa nafsu sesaat.

2. Bertahan pada kalimat ‘masa muda tidak bisa diulang lagi’

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 TahunUnsplash.com/Wout Vanacker

Iya, benar, masa muda memang tidak bisa diulang lagi, makanya kalau kamu susah nanti, bukankah itu semua kesalahan masa mudamu? Jangan terlalu muluk memandang kebahagiaan sehingga menikmati hidup hanya diukur dengan ‘bisa menghamburkan uang’. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dari sekadar menghamburkan uang tidak jelas. Justru, ketika kamu lebih selektif, kamu jadi lebih bisa bangga pada diri sendiri.

3. Tidak menganggap tabungan adalah hal yang penting

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 TahunUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Jangan terus berpikir bahwa kamu masih muda sehingga masih punya banyak waktu. Kenyataannya belum tentu seperti itu. Justru ketika kamu masih muda, ini kesempatanmu untuk menabung dan melatih diri bisa mengatur keuangan dengan stabil. Nanti ketika waktumu habis dan tidak ada satupun hal yang bisa kamu dapatkan, jangan menyalahkan diri sendiri, ya.

4. Jaga kesehatan nanti saja kalau sudah tua

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 TahunUnsplash.com/Hutomo Abriyanto

Iya kalau kamu masih hidup ketika tua itu bisa kamu rasakan, kalau tidak? Jangan ceroboh dan gegabah masalah kesehatan. Hanya karena kamu sehat sekarang, bukan berarti tidak ada yang perlu diperhatikan. Mulailah jaga diri sendiri sejak sekarang supaya setidaknya kamu bisa hidup lebih sehat di masa depan.

Baca Juga: Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih Bermanfaat

5. Tidak mau mencoba lagi saat gagal satu dua kali

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 TahunUnsplash.com/Tom Morel

Kalau memang passionmu tidak bisa kamu jadikan pekerjaan, maka cobalah untuk mencintai pekerjaanmu sekarang. Kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua hal di dunia ini yang kamu inginkan akan menjadi milikmu. Akan ada masa dimana kamu gagal, tapi justru tidak apa-apa supaya kamu tahu namanya kecewa dan belajar. Jangan maunya menang sendiri, di dunia ini yang hidup bukan cuma kamu saja.

6. Mengikuti saran orang lain dalam keputusan hidupmu

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 TahunUnsplash.com/Tyler Nix

Padahal itu hidupmu, tapi membiarkan orang lain menentukannya bisa berakibat fatal nantinya. Kalau kamu tidak cukup bisa menemukan kepastian jalan mana yang harus kamu ambil, cobalah untuk ambil waktu mempertanyakan diri sendiri dan melakukan hobi yang kamu suka. Cari tahu, bidang mana yang memang diperuntukkan untuk kamu kerjakan nantinya.

7. Menggebu-gebu saat mencintai sehingga lupa segalanya

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 TahunUnsplash.com/Milan Popovic

Percuma punya pacar tapi tidak bisa jaga diri. Jangan berpikir kamu akan mati besok kalau tidak ada pacarmu, jangan sedramatis itu. Faktanya besok juga kamu masih bernafas walaupun ditinggal pacarmu. Jangan jadikan cinta sebagai alasanmu melakukan hal negatif yang tidak semestinya. Cinta itu hal positif, jadi dampaknya harus positif juga.

Hanya kamu sendiri yang bisa mencegah penderitaan di masa mendatang terjadi. Kalau sekarang kamu tidak berusaha, maka jangan menyalahkan keadaan saat nanti kamu tidak mendapat apa-apa. Justru masih muda, belajarlah bertanggung jawab. Nanti kalau tubuhmu tak kuat lagi untuk bekerja, kamu hanya akan menuai hasil yang sudah kamu usahakan. Semangat ya jadi anak muda!

Baca Juga: Gak Usah Panik, Inilah Alasannya Menikah di Usia 30-an Itu Baik

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya