Comscore Tracker

5 Tips Mencuci Pakaian Corduroy agar Tekstur Tidak Hilang

Ribet, tapi worth to try!

Ada beberapa cara mencuci pakaian corduroy agar tekstur tidak hilang. Corduroy atau korduroi merupakan salah satu jenis kain yang acap kali digunakan sebagai jaket, celana panjang, hingga rok. Korduroi yang asli terbuat dari serat kapas berkualitas dan hampir mirip dengan bahan velvet. Bahannya yang unik ini, terasa sedikit kasar dengan tekstur memanjang membuat pakaian yang dihasilkan jadi fashionable.

Bahan korduroi ini membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya agar tetap terlihat indah dan mewah. Mengingat pakaian berbahan korduroi termasuk pakaian yang dapat bertahan lama dan tak ketinggalan zaman, tentunya kita pasti ingin memakainya lagi walau sudah lebih dari 10 tahun lamanya.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dari perawatan korduroi adalah pada cara mencuci. Berbeda dengan pakaian berbahan katun, tentu saja korduroi lebih membutuhkan penangan ekstra. Simak beberapa cara mencuci pakaian corduroy agar tekstur tidak hilang!

1. Cuci secara terbalik

5 Tips Mencuci Pakaian Corduroy agar Tekstur Tidak Hilangilustrasi pakaian kotor (unsplash.com/@alejoreinoso)

Bila kamu terbiasa untuk mencuci pakaian dengan bagian luar ada diluar, maka saat mencuci pakaian berbahan korduroi tinggalkan kebiasaan itu. Baliklah pakaian bagian luar ada didalam dan bagian dalam ada di luar. Terlebih bila kamu mencucinya menggunakan mesin cuci, tips satu ini akan membantu menjaga tekstur pada korduroi tersebut.

Selain itu, kancingkan seluruh kancing yang ada pada pakaianmu, serta bila ada resleting maka tutup resleting kemudian balik pakaian inside-out. Tujuan dari mengancingkan dan menresletingkan pakaian ini adalah untuk mengurangi kerutan pada kain.

2. Hindari mesin cuci overload

5 Tips Mencuci Pakaian Corduroy agar Tekstur Tidak Hilangilustrasi orang mencuci pakaian (pexels.com/@rodnae-prod)

Umumnya mesin cuci memiliki kapasitas 5 sampai 9kg dalam sekali cuci. Pengecualian bila kamu mencuci korduroi. Usahakan untuk mengelompokkan pakaian korduroi sendiri sehingga tidak tercampur dengan pakaian berbahan lainnya.

Bila biasanya satu kali cuci bisa lebih dari 10 pakaian, nah kali ini cukup 4-5 pakaian saja. Apalagi kalau yang kamu cuci adalah jaket dan celana berbahan korduroi, lebih sedikit lebih baik. Tidak usah berkecil hati kalau kamu belum memiliki mesin cuci, sebenarnya korduroi lebih disarankan untuk dicuci secara manual, loh.

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Mencuci Pakaian untuk Pasien Eksim, Cegah Gejala Kambuh

3. Pisahkan warna terang dan pastel

5 Tips Mencuci Pakaian Corduroy agar Tekstur Tidak Hilangilustrasi mensortir pakaian (pexels.com/@sarah-chai)

Selanjutnya adalah perlakuan pada setiap warna pada korduroi. Warna gelap atau bold dan warna pastel pada pakaian berbahan korduroi memiliki perlakuan yang sangat berbeda. Kelompokkan sesuai dengan warna.

Korduroi dengan warna gelap bisa direndam terlebih dahulu menggunakan air dingin. Kemudian untuk korduroi berwarna terang atau pastel, bisa direndam dengan air hangat. Jangan sampai terbalik ya, karena air yang digunakan sangat berpengaruh pada perawatan warna korduroi, loh.

4. Keringkan dengan cara manual

5 Tips Mencuci Pakaian Corduroy agar Tekstur Tidak Hilangilustrasi emnjemur pakaian (pexels.com/@karolina-grabowska)

Langkah selanjutnya setelah selesai dicuci dan dibilas, maka hentakkan ke udara agar air yang masih tersisa bisa keluar. Untuk mengeringkannya pun usahakan tetap secara manual, yaitu hanya dengan diangin-anginkan saja. Memang butuh waktu lebih lama, tetapi pakaianmu juga akan jadi lebih awet.

Bila dirasa di rumahmu tidak cukup cahaya matahari untuk mengeringkan korduroi, maka kamu bisa mengeringkan menggunakan alat pengering terlebih dahulu. Cukup dikeringkan selama 10 menit dan angkat, kemudian keringkan secara manual. Hindari untuk mengeringkan pakaian berbahan korduroi menggunakan mesin pengering selama berjam-jam.

5. Setrika dengan cara inside-out

5 Tips Mencuci Pakaian Corduroy agar Tekstur Tidak Hilangilustrasi setrika (unsplash.com/@macroman)

Masih sama dengan cara mencuci, untuk menyetrika pun pakaian berbahan korduroi harus dibalik. Bagian dalam ada diluar, dan luar ada di dalam. Selain itu, kamu cukup fokus untuk menghilangkan kerutan bekas dicuci. Jadi, tidak semua bagian korduroi wajib disetrika, ya.

Untuk penyimpanannya pun tidak sulit, bisa kamu lipat atau cukup digantung dan dimasukkan dalam lemari. Sebelum memakainya lagi, kamu harus cukup detail untuk membersihkan debu yang menempel, karena bahan korduroi ini mudah 'memakan' debu.

Nah, bila semua tips diatas sudah diterapkan, maka kamu tak perlu takut lagi kalau pakaian korduroimu jadi memudar atau bentuknya berubah. Terbilang ribet memang, namun demi bisa bertahan lama, kenapa tidak, ya kan?

Baca Juga: 6 Kesalahan Mencuci yang Bikin Pakaian Rusak, Risiko Bakteri

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya