Comscore Tracker

5 Bukti Nyata Bahwa Kamu Bukan Orang Pendendam, Coba Cek!

Buktinya ada padamu gak?

Gak semua orang tumbuh dengan hati yang polos dan bersih. Ada banyak orang di luar sana yang mudah terprovokasi dan menyimpan dendam dalam hatinya. Hanya membuat hidup kurang nyaman, dendam nyatanya bisa membunuh kebaikan hati seseorang secara perlahan. 

Ada beberapa indikator yang bisa jadi tanda bahwa kamu bukan orang yang pendendam. Dari gak pernah berpikiran buruk hingga gak punya keinginan membalas perlakuan buruk orang lain, berikut ini adalah lima bukti yang bisa kamu cek pada dirimu, nih! Jika buktinya ada pada dirimu, berarti sudah fix kamu berhati bersih. Yuk, cek! 

1. Kamu gak pernah memasukkan ucapan buruk orang lain ke dalam hati

5 Bukti Nyata Bahwa Kamu Bukan Orang Pendendam, Coba Cek!perempuan menatap ponselnya (pexels.com/Miriam Alonso)

Kita tentu gak bisa selalu mengharapkan penilaian baik dari orang lain sepanjang hidup. Akan ada saja orang yang gak menyukai kita sebaik apa pun perlakuan kita kepada sesama manusia. Itulah realita yang mau gak mau harus kita terima. 

Kamu yang memang tumbuh sebagai pribadi yang gak pendendam, gak akan mengambil hati komentar buruk orang lain selama itu gak keterlaluan. Kalaupun keterlaluan, kamu juga akan memberi efek jera kepada orang tersebut dengan cara elegan tanpa mengotori tangan dan pikiranmu sedikit pun. 

Usai mendapatkan komentar pedas, kamu juga lebih memilih fokus pada hal-hal positif yang bisa kamu lakukan.  Kamu paham benar bahwa gak semua orang bisa kamu kontrol tindakannya, tetapi kamu bisa mengontrol tindakanmu kepada orang lain. 

2. Kamu gak punya keinginan membalas perlakuan buruk orang lain

5 Bukti Nyata Bahwa Kamu Bukan Orang Pendendam, Coba Cek!Ilustrasi orang menyesal (pexels.com/Spencer Selover)

Bukti kedua jika kamu bukan orang pendendam adalah kamu gak pernah berniat membalas perlakuan buruk orang lain. Balas-membalas itu gak pernah ada dalam kamus orang yang hatinya polos dan bersih. Baginya setiap yang buruk bukan harus dibalas, tetapi diluruskan agar dia mengerti mana yang salah dan mana yang benar. 

Namun, bukan berarti juga kamu memilih diam saja saat orang lain menjahatimu. Apalagi jika kejahatan itu sudah menyangkut nyawa ataupun kemanusiaan. Kamu harus berani melawan dengan cara yang benar,  bukan melawan dengan cara yang sama-sama berbentuk kejahatan. 

3. Kamu sering khawatir jika kata maupun tindakanmu menyakiti orang lain

5 Bukti Nyata Bahwa Kamu Bukan Orang Pendendam, Coba Cek!ilustrasi pasangan (pexels.com/Cup of Couple)

Orang yang pendendam mana pernah berpikir apakah tindakannya menyakiti orang lain atau tidak. Pendendam itu mengedepankan sisi emosional dan ambisinya. Mereka bahkan rela melakukan segala cara agar tujuannya bisa terpenuhi. 

Gak membawa dampak baik apa pun, hidup seorang pendendam biasanya akan jauh dari rasa tenang. Coba kamu renungkan, bagaimana hatimu bisa tenang jika tiap hari kamu berambisi untuk mengacaukan hidup seseorang? Nah, kalau kamu ingin hidup lebih baik, maka lepaskanlah segala hal yang kurang nyaman tersebut.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Zodiak, Apakah Kamu Tipe Orang yang Pemaaf atau Pendendam?

4. Kamu gak pernah gengsi urusan meminta maaf

5 Bukti Nyata Bahwa Kamu Bukan Orang Pendendam, Coba Cek!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Pendendam gak pernah merasa tindakan yang dilakukannya salah. Baginya membalas seseorang adalah sebuah kebenaran. Gak ada istilah minta maaf duluan di dalam hidup orang yang pendendam. 

Jangankan untuk minta maaf duluan, memberi maaf saja sulit dilakukan olehnya. Baginya setiap salah itu harus dibalas, bukan diberi maaf. Nah, coba cek bagian ini, deh! Biasanya orang yang pemaaf bukan orang yang pendendam.

5. Bisa dengan santai berinteraksi dengan orang yang pernah berkomentar buruk tentangmu

5 Bukti Nyata Bahwa Kamu Bukan Orang Pendendam, Coba Cek!ilustrasi berbincang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau kamu bisa dengan santai berinteraksi dengan orang yang pernah berkomentar buruk tentangmu, itu artinya kamu bukan pendendam. Hanya orang pemaaf yang bisa bersikap ramah kepada orang yang berlaku buruk terhadapnya. Dia cenderung melupakan setiap kesalahan orang lain seusai permintaan maaf dilayangkan kepadanya. 

Harus kamu tahu, gak banyak orang pemaaf di muka bumi ini. Orang yang pura-pura memaafkan dan membalas dengan cara yang lebih kejam yang biasanya lebih banyak berkeliaran. Isi bumi memang gak selalu orang baik, tetapi kamu harus tetap ingat bahwa kebaikan itu dimulai bukan hanya diterima. 

Sekarang sudah bisa intropeksi diri dong apakah kamu pendendam atau gak? Bagaimana hasilnya, apakah kelima bukti tersebut ada padamu? Jika gak ada, itu tandanya kamu disuruh untuk berbenah. Jangan malas untuk mengubah yang buruk menjadi lebih baik, ya. Semangat untuk kamu!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Punya Sifat Pendendam, Bikin Sakit Hati Sendiri!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya