Hati-hati Terjebak 5 Ciri PDKT Gak Serius, Lama Dekat Tapi Gak Jadian

Sudah lama dekat tapi gak ada kepastian status hubungan

Pendekatan atau PDKT merupakan fase yang dilewati setiap orang sebelum menjalin hubungan. Yang mana fase PDKT menjadi kesempatan satu sama lain saling mengenal untuk tahu kecocokan menjadi pasangan. Memang gak ada patokan berapa lama menjalani PDKT, akan tetapi gak bagus juga kalau kelamaan dan takutnya malah terjebak pendekatan yang gak serius untuk ke jenjang hubungan. 

Lalu seperti apakah ciri pendekatan gak serius yang harus diwaspadai itu? Mulai dari pendekatan yang lama banget tapi gak jadian, gebetan yang dekat dengan lawan jenis lain, hingga gebetan yang maunya jalanin hubungan tanpa kepastian status apa-apa. Pokoknya ciri-cirinya bisa dilihat pada pembahasan di bawah ini, jadi simak baik-baik, ya! 

1. Pendekatannya sudah lama tapi gak jadian

Hati-hati Terjebak 5 Ciri PDKT Gak Serius, Lama Dekat Tapi Gak Jadianilustrasi kencan (pexels.com/Katerina Holmes)

Kalau pendekatanmu dengan gebetan sudah berjalan lama tapi gak juga jadian, maka itu bisa dibilang salah satu ciri pendekatan tidak serius. Karena meskipun tidak ada aturan dan ketetapan tentang berapa lama PDKT, tapi bukan berarti jadi tidak ada kepastian hubungan sampai berbulan-bulan bahkan tahunan. Terlalu lama PDKT dengan tidak ada niatan untuk melangkah ke hubungan sebenarnya tanda kalau kurang cocok, atau bahkan memang tidak ada niatan menjadikan gebetan sebagai pasangan. 

2. Dia dekat dengan lawan jenis lainnya selain denganmu

Hati-hati Terjebak 5 Ciri PDKT Gak Serius, Lama Dekat Tapi Gak Jadianilustrasi berkumpul (pexels.com/Ivan Samkov)

Kalau selama menjalani pendekatan ternyata dia punya banyak gebetan lainnya selain dirimu, itu juga ciri PDKT gak serius. Bahwa pendekatannya denganmu merupakan ajang seleksi dalam memilih pasangan dengan banyaknya kandidat yang ia dekati. Berarti dia gak benar-benar suka dan serius denganmu untuk dijadikan pasangan, karena dia punya banyak pilihan lain untuk didekati. 

Baca Juga: 5 Tanda Saat PDKT kalau Gebetan Gak Suka Kamu, Jangan Dilanjut!

3. Cuma mau jalanin dulu tanpa meresmikan status hubungan

Hati-hati Terjebak 5 Ciri PDKT Gak Serius, Lama Dekat Tapi Gak Jadianilustrasi pasangan kencan (pexels.com/Mike Jones)

Kalau gebetanmu pernah mengatakan keinginannya untuk jalani saja dulu tanpa ada kepastian status, itu juga tanda kalau pendekatan kalian gak serius. Yang mana ia punya tujuan jelas ketika dekat denganmu, seperti mengisi waktu dengan ditemani olehmu tanpa tahu ujungnya mau ke arah hubungan apa. Jangan sampai terlena dan terjebak dalam kedekatan seperti ini, karena inilah celah untuk terjadinya hubungan tanpa status atau disebut juga HTS. 

4. Tertutup tentang dirinya dengan membatasimu

Hati-hati Terjebak 5 Ciri PDKT Gak Serius, Lama Dekat Tapi Gak Jadianilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ciri lainnya dari pendekatan yang gak serius ialah dari bagimana gebetan sangat tertutup padamu. Bahwa selama pendekatan dia membuat batasan keras dan jarak di antara kalian untuk tidak ikut campur dalam hidupnya. Batasan ini memang bagus, tapi aneh saja kalau kenalan tapi gak mau dekat lebih jauh untuk saling mengenal, malah jadi terkesan asing. 

5. Mempermainkan perasaanmu dengan memberi harapan kosong

Hati-hati Terjebak 5 Ciri PDKT Gak Serius, Lama Dekat Tapi Gak Jadianilustrasi ngobrol (pexels.com/August De Richelieu)

Pendekatan gak serius juga ditandai dari ketidak jelaskan gebetan dalam kata-kata dan sikapnya. Dimana ia sering memberi harapan, janji, atau bahkan berkata terlalu manis tanpa diikuti dengan sikap nyata dan usaha di dalamnya. Seolah-olah dirimu dipermainkan dengan harapan kosong, terlalu jauh membayangkan hubungan ke depan tanpa ada usaha jelas untuk meyakinkanmu. Alias besar omong saja. 

Perlu kewaspadaan dan kehati-hatian untuk tidak terjebak dalam PDKT yang gak serius. Karena buang-buang waktu kalau dekat terlalu lama dengan gebetan yang gak ada kepastian hubungan bersama. 

Baca Juga: 4 Kesalahan Umum Pertama PDKT dengan Gebetan, Agresif

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya