Comscore Tracker

5 Tips Jalin Hubungan dengan Pasangan Pendiam, Sering Ajak Deep Talk

Biasakan untuk jalin komunikasi yang terbuka denganmu

Sesungguhnya cara menghadapi setiap pasangan itu berbeda-beda tergantung tipe kepribadiannya. Sehingga saat menjalin hubungan dengan pasangan pendiam pun bisa dibilang ada cara tersendiri untuk menghadapinya dengan tepat. 

Bukan tipe yang bisa didesak untuk langsung terbuka dan banyak menceritakan tentang hidupnya, kamu harus sabar untuk membuatnya terbiasa terbuka dan berhenti memendam semuanya sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang tips-tipsnya saat menjalin hubungan dengan pasangan pendiam ini.

1. Peka pada gelagatnya

5 Tips Jalin Hubungan dengan Pasangan Pendiam, Sering Ajak Deep Talkilustrasi pasangan menatap (pexels.com/Timur Weber)

Tipsnya yang pertama kalau jalin hubungan dengan pasangan pendiam, ialah harus peka pada gelagatnya. Perhatian bagaimana gerak-geriknya, caranya bicara, serta ekspresi yang ditunjukkannya. 

Dia mungkin tidak bilang kalau sedang ada masalah atau bad mood, tapi semua itu terlihat kalau kamunya peka. Jadi meskipun dia pendiam, tapi kamu tetap bisa memahami dan tahu keadaannya dari memperhatikan gelagatnya. 

2. Pahami baik-baik apa yang pernah dia katakan padamu

5 Tips Jalin Hubungan dengan Pasangan Pendiam, Sering Ajak Deep Talkilustrasi bicara (pexels.com/Cottonbro)

Orang pendiam itu gak banyak bicara, tapi sekalinya bicara dan bercerita biasanya mengandung makna. Alias dia tidak sembarangan berbagi cerita dan mengatakan hal-hal tertentu padamu. 

Sehingga sebagai pasangannya kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang dia katakan. Siapa tahu kalau apa yang dikatakannya itu penting, dan belum tentu dia mengulanginya lagi lain kali. 

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu Terlalu Perfeksionis dalam Menjalin Hubungan

3. Biasakan dia untuk menjalin komunikasi yang terbuka denganmu

5 Tips Jalin Hubungan dengan Pasangan Pendiam, Sering Ajak Deep Talkilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tipsnya yang ketiga untuk menjamin hubungan dengan pasangan pendiam ialah membiasakannya untuk terbuka padamu. Dengan kata lain, kamu harus sering-sering bertanya dan perhatian padanya sehingga ia mau terbuka. 

Tapi perlu dipahami kalau hal ini tidak akan terlihat hasilnya secara instan, melainkan tunggu sampai dia terbiasa untuk menjalin komunikasi terbuka denganmu. Karena seorang pendiam bukan berarti gak bisa bicara, melainkan dia butuh waktu untuk membuka dirinya pada orang lain. 

4. Ajak deep talk dan tanya tentang isi pikiran dan perasaannya

5 Tips Jalin Hubungan dengan Pasangan Pendiam, Sering Ajak Deep Talkilustrasi pasangan (pexels.com/August De Richelieu)

Kalau pasanganmu tipe orang pendiam maka tips untuk menghadapinya ialah sering ajak dia deep talk. Ajak dia bicara untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran dan hatinya, dengan begitu kamu bisa memahaminya. 

Karena kalau dianya pendiam dan kamu hanya menunggunya untuk bicara, gak bakal tahu kapan dia baru mau bicara. Jadi harus kamu yang aktif dan membuatnya mau mengungkapkan pikiran dan perasaannya. 

5. Selesaikan masalah hubungan dengan langsung bertemu

5 Tips Jalin Hubungan dengan Pasangan Pendiam, Sering Ajak Deep Talkilustrasi bicara (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Menjalin hubungan dengan pasangan pendiam itu sebenarnya susah-susah gampang, terutama dalam menyelesaikan masalah hubungan. Sangat disarankan untuk selalu menyelesaikan masalah apapun dengan bertemu langsung. 

Jangan hanya lewat chat atau telepon karena bisa salah paham, ataupun dianya sulit diajak diskusi. Sehingga bertemu langsung merupakan solusi terbaik untuk mencari jalan keluar bersama, tanpa ada drama berkepanjangan dan menggantung masalah yang terjadi karena dirinya yang pendiam. 



Kesimpulannya, kamu harus sabar saat menjalin hubungan dengan pasangan pendiam. Beri dia waktu dan buat dia terbiasa untuk selalu terbuka padamu. 

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Menjalin Hubungan dengan Dia yang Belum Move On

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya