Comscore Tracker

Awas 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Selalu Keingat Mantan, Susah Move On!

Patah hatimu gak akan hilang kalau begini

Setelah putus, idealnya kamu ingin segera bisa lupa dan gak lagi terpaku pada masa lalu. Segala upaya pun rela dilakukan agar lekas move on dari mantan. Tapi barang kali kamu justru masih saja melakukan kelima sikap di bawah ini. Sebab meskipun sering kali dianggap wajar, namun kelima sikap tersebut justru jadi penghambat usahamu untuk lepas dari bayang-bayang si dia.

Biar gak makin terjerumus dan pada akhirnya malah gagal move on, cek yuk sikap apa saja yang dimaksud. Kalau sudah tahu, segera perbaiki dan jangan diulangi lagi, ya! 

1. Masih suka mendengarkan lagu yang membawa memori kalian dulu

Awas 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Selalu Keingat Mantan, Susah Move On!pexels/Mẫnn Quang

Saat pacaran dulu kalian pernah punya lagu favorit yang konon katanya, mewakili perasaanmu ke dia atau sebaliknya. Maka wajar, kalau kamu jadi baper saat gak sengaja mendengar lagu tersebut. Tapi kalau sudah sengaja memutarnya berulang kali ini sih, bedah cerita. Itu menunjukkan kalau kamu memang berniat mengenang dia dan segala kenangan saat kalian masih bersama.

Gimana mau move on, kalau sedikit-sedikit bernostalgia? Jangan kesal sendiri deh, kalau sampai sekarang kamu belum juga beranjak dari masa lalu! 

2. Diam-diam menyimpan foto kenangan saat pacaran dan melihatnya sekali waktu

Awas 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Selalu Keingat Mantan, Susah Move On!pexels/Dominika Roseclay

Mungkin kamu termasuk orang yang berpendapat, kalau menghapus semua foto si dia setelah putus itu norak banget. Kesannya kamu gak terima ditinggalkan dan ingin menunjukkan protes kepadanya. Tapi tahu gak sih, kalau tindakan tersebut justru ada baiknya? Sebab dengan menghilangkan jejak mantan di galeri ponselmu, bisa membantumu lebih cepat merelakan kepergiannya.

Lagi pula, sering-sering membuka album kenangan tentangnya cuma membuatmu semakin terikat dengan masa lalu. Jangankan mengiklaskan perpisahan kalian, yang ada kamu malah semakin sulit menerima kenyataan dan jadi sakit hati sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Mantap Buat Move On meski Baru Putus Cinta

3. Kamu gak pernah absen mengecek media sosial mantan setiap hari

Awas 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Selalu Keingat Mantan, Susah Move On!pexels/Sora Shimazaki

Di samping masih menyimpan beberapa fotonya, kamu juga rajin menilik status mantan di media sosial. Seakan-akan itu jadi rutinitas baru yang gak boleh sampai dilewatkan. Bahkan hampir setiap jam kamu membuka akun Instagramnya, berharap dia menuliskan status galau yang ditujukan ke kamu.

Selain itu, jujur saja kamu juga merasa penasaran sekaligus was-was, kalau tiba-tiba dia mengunggah foto bersama wanita lain. Tapi walaupun tahu bakal bikin makan hati, nyatanya kebiasaan menengok Instagram mantan gak bisa kamu hentikan. Duh, repot juga nih!

4. Juga sengaja mengorek informasi terupdate tentangnya dari teman-teman terdekatnya

Awas 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Selalu Keingat Mantan, Susah Move On!pexels/Zen Chung

Seakan gak puas mencari informasi melalui media sosial, kamu juga terang-terangan menggali informasi dari teman-teman terdekatnya. Bahkan hampir semua sahabat karibnya pernah kamu interogasi, berharap ada kabar baik yang melegakan hatimu. Seperti kenyataan kalau mantanmu juga belum bisa move on, dan masih sering galau memikirkanmu.

Mungkin awalnya teman-temannya mau menanggapimu dengan santai. Tapi kalau setiap kali bertemu selalu saja diberi pertanyaan yang sama, siapa juga yang bakal tahan. Maklum kalau pada akhirnya mereka memilih menghindar. Nah, lho sudah putus eh tambah dijauhi teman-temannya juga. Sayang banget kan!

5. Menjadikan mantan sebagai patokan standar ketika sedang PDKT

Awas 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Selalu Keingat Mantan, Susah Move On!pexels/cottonbro

Tentunya setelah putus, kamu sempat dekat dengan beberapa orang dong. Bahkan ternyata gak sedikit cowok yang antri untuk bisa PDKT sama kamu. Namun bukannya belajar membuka hati, kamu malah menjadikan mantan sebagai patokan standar saat memilih pacar. Kamu mau orang yang akan menggantikan posisinya nanti, punya sifat, karakter bahkan bentuk fisik yang sama dengan mantanmu. Mana bisa?

Parahnya kamu gak lagi mementingkan kepribadian mereka sama sekali. Asal mirip ayo deh jadian. Maka gak heran kalau pada akhirnya hubungan asmaramu cuma berkutat pada putus nyambung, putus nyambung terus.

Kepikiran dan memikirkan mantan itu dua hal yang berbeda, lho. Kalau sudah memikirkan mantan itu artinya kamu dengan sadar mencoba mengingat dirinya. Jadi mustahil dong, kalau mau cepat-cepat move on. Sebaik-baiknya mantan, dia hanya bagian dari masa lalumu. Masih ada masa depan yang perlu diperjuangkan. Santai saja kali, kalau memang berjodoh, nanti juga bakal balikan lagi. Gak perlu dipaksa apalagi sampai ngotot gak mau lupa. 

Baca Juga: Harus Move On, 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikhlas Meski Gak Bersama

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya