Comscore Tracker

5 Kunci Persahabatan Jarak Jauh Tetap Terjaga, Harus Pengertian!

Tetaplah saling terhubung!

Sebuah persahabatan sejatinya membuat perasaan kita lebih bahagia. Terpisah jarak juga bukan hal yang akan membuat kita dengan mudahnya melupakan sahabat seperti ini. Ini nih lima tips menjaga persahabatan jarak jauh agar tetap awet sampai tua. 

1. Bikin grup percakapan tempat kalian bisa saling berbagi cerita

5 Kunci Persahabatan Jarak Jauh Tetap Terjaga, Harus Pengertian!ilustrasi main gadget (Pexels.com/Charlotte May)

Memiliki sahabat yang satu frekuensi akan bikin kita lebih gampang nyambung dengan leluconnya, juga apa pun yang sedang dia bicarakan. Makanya, kita butuh tempat untuk tetap saling terhubung satu sama lain meski jarak memisahkan. Membuat percakapan grup akan bikin kita lebih mudah memberi kabar. 

Di sini, kalian bisa terus menceritakan apa yang terjadi hari itu dan bagaimana kalian menjalani hari. Gak ada deh yang namanya kehilangan kontak apalagi sampai lupa sama sahabat sendiri. 

2. Harus mampu memahami jika sahabat sedang sibuk

5 Kunci Persahabatan Jarak Jauh Tetap Terjaga, Harus Pengertian!ilustrasi video call (Pexels.com/Artem Podrez)

Saat kita sedang membagikan sesuatu di grup antar sahabat, jangan selalu mengharapkan respons yang cepat. Dalam beberapa momen, kita juga wajib memaklumi jika sahabat sedang sibuk. Jangan gampang ngambek atau emosi karena terlambat ditanggapi. 
Karena sudah gak lagi berada di kota yang sama, kita wajib memahami jika mereka sedang menekuni kesibukannya masing-masing. Terus memaksa untuk diprioritaskan hanya bikin persahabatan gampang bubar. 

Baca Juga: 5 Masalah yang Rentan Menyerang Persahabatan Jarak Jauh, Salah Paham!

3. Saling mendukung apa pun yang tengah ditekuni sahabatmu

5 Kunci Persahabatan Jarak Jauh Tetap Terjaga, Harus Pengertian!ilustrasi video call (Pexels.com/Matilda Wormwood)

Jarak yang berjauhan membuat kita gak lagi bisa sering berkumpul bersama sahabat. Semuanya jadi punya fokus dan prioritasnya masing-masing. Apa pun itu, kamu wajib memberi dukungan dan jangan malah menjatuhkan semangat sahabat yang sedang berjuang. 
Mereka hanya membutuhkan suntikan semangat dari kamu. Terus dukung dengan cara apa pun, baik moril maupun material semampumu, ya. 

4. Sesekali, unggah momen kenangan kalian saat sedang bersama

5 Kunci Persahabatan Jarak Jauh Tetap Terjaga, Harus Pengertian!ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Charlotte May)

Merindukan sahabat memang bikin sedih, ya. Mereka yang biasanya selalu ada dan hadir secara fisik, malah hanya bisa bertukar kabar lewat dunia maya. Sesekali bernostalgia bareng boleh dicoba, lho. 

Unggah kembali foto lama saat kalian bersama. Tambahkan caption manis untuk membuat sahabatmu merasakan kerinduan yang sama. 

5. Saat sedang dilanda masalah, jangan ragu untuk menceritakannya pada sahabatmu

5 Kunci Persahabatan Jarak Jauh Tetap Terjaga, Harus Pengertian!ilustrasi main gadget (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Meski berjauhan, sahabat tetaplah orang yang bisa kita percaya untuk berbagi cerita. Ketika masalah menerpa, jangan ragu untuk menceritakannya pada sahabat.

Bagaimanapun juga, selama ini mereka lah yang selalu menguatkanmu saat sedang sedih dan terluka, iya kan? 

Menceritakan permasalahan yang dialami juga secara gak langsung membuat sahabatmu yakin bahwa mereka masih merupakan orang yang penting bagimu. Begitu pun sebaliknya. 

Persahabatan jarak jauh itu gak mudah untuk dipertahankan. Ada banyak banget masalah yang mungkin muncul dan bikin kalian salah paham tanpa bisa meluruskannya secara langsung. Lima cara di atas bisa dicoba agar persahabatan kalian tetap langgeng selamanya. Siap? 

Baca Juga: 5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauh

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya