Comscore Tracker

Jangan Menutup Diri, 5 Alasan Perlunya Punya Banyak Relasi Pertemanan

Kamu butuh bantuan banyak orang

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Tidak ada orang yang bisa melakukan hal apapun seorang diri. Sehingga menjalin relasi pertemanan yang luas sangat diperlukan, karena relasi tersebut sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup bahkan bisa memengaruhi masa depanmu.

Namun masih ada beberapa orang yang menutup diri dari pergaulan atau orang yang masih senang pilih-pilih teman. Sehingga mereka memiliki relasi pertemanan yang terbatas. Merasa mampu melakukan sesuatu sendiri dan merasa hanya orang yang klop saja yang perlu dijadikan teman merupakan hal yang mendorong seseorang menjalin relasi pertemanan yang sempit. Padahal pertemanan yang luas sangat diperlukan dengan beberapa alasan berikut.

1. Melatih diri untuk menghormati orang lain

Jangan Menutup Diri, 5 Alasan Perlunya Punya Banyak Relasi Pertemananunsplash.com/Brooke Cagle

Berinteraksi dengan banyak orang adalah hal dasar yang sangat dibutuhkan. Maka untuk mendapatkan relasi pertemanan yang erat dan kuat dibutuhkan kepribadian yang baik, seperti menghormati orang lain maupun teman. Sebab jalinan pertemanan menuntutmu untuk bertemu dengan banyak orang. Di situlah kamu bisa belajar untuk menghormati orang lain, menghormati setiap kerpibadian yang beragam atau menghormati orang yang usianya di atasmu.

2. Tidak pernah merasa kesepian

Jangan Menutup Diri, 5 Alasan Perlunya Punya Banyak Relasi Pertemananpexels.com/Elle Hughes

Orang yang memiliki banyak teman tak akan pernah merasa kesepian. Berbagai macam saran, gurauan, cerita keluh kesah hingga pertolongan yang kamu dapat saat mengalami kesulitan, itulah beberapa hal yang bisa membuatmu terus bahagia memiliki banyak teman tanpa merasa sendiri. Sehingga menjalin relasi pertemanan yang luas itu sangat penting agar kamu tidak merasa down saat menghadapi permasalahan.

3. Memiliki teman diskusi yang baik

Jangan Menutup Diri, 5 Alasan Perlunya Punya Banyak Relasi Pertemananunsplash.com/Ben White

Selain keluarga dan pasangan, teman pun bisa dijadikan sebagai tempat diskusi yang baik. Memiliki teman diskusi bisa dibilang cukup penting. Sebab saat diskusi kamu bisa mendapat pengetahuan baru dan mengasah kemampuan yang kamu miliki. Diskusi juga bisa melatihmu untuk menerima pendapat-pendapat yang lain. Karena tak selamanya pendapatmu itu benar. Dengan begitu, diskusi bisa membuka pola pikirmu agar tidak memandang suatu hal hanya dari satu sisi saja.

Baca Juga: 5 Hal Ini Membuktikan Kamu Sudah Menjadi Teman Curhat yang Baik

4. Membuat pekerjaan menjadi mudah dan lancar

Jangan Menutup Diri, 5 Alasan Perlunya Punya Banyak Relasi Pertemananpexels.com/Buro Millennial

Tidak ada pekerjaan yang mudah. Semua pekerjaan yang kamu lakukan tentu dibutuhkan usaha dan kerja keras, entah itu dalam bidang bisnis, bidang perkantoran, maupun yang lain.

Tanpa kamu sadari sebenarnya relasi pertemanan bisa memengaruhi pekerjaanmu. Jika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan sebuah pekerjaan, tentu kamu akan meminta bantuan pada teman, bukan? Nah itulah pengaruh dari sebuah relasi. Sehingga bangunlah relasi seluas mungkin agar pekerjaanmu menjadi mudah dan lancar.

5. Selalu ada jalan keluar saat dilanda masalah

Jangan Menutup Diri, 5 Alasan Perlunya Punya Banyak Relasi Pertemananpixabay.com/Anemone123

Jika kamu mampu menciptakan relasi pertemanan yang baik maka akan selalu ada jalan keluar saat kamu mengalami masalah. Sebab semua temanmu pasti akan membantumu dengan tanpa diminta maupun kamu minta. Membantu dalam hal finansial hingga memberi dukungan saat kamu down pasti akan mereka lakukan.

Itulah 5 alasan perlunya memiliki relasi pertemanan yang banyak. Sebab relasi yang kamu miliki bisa menjadi jalan bagimu untuk mencapai keinginan. Kemudian, dalam sebuah pertemanan harus saling membantu karena tanpa kamu sadari bantuan tersebut bisa memengaruhi jalanmu menggapai mimpi.

Baca Juga: Bukan Sombong, 6 Alasan Kenapa Pilih-pilih Teman Itu Perlu

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You