Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menjalani LDR, Biar Langgeng!

Perlu mantapkan komunikasi dan komitmen

Hubungan jarak jauh atau yang biasa dikenal dengan LDR (long distance relationship) ini menjadi satu momen yang berat bagi pasangan. Pasalnya, ketika sedang berada jauh dari pasangan tak jarang banyak masalah atau drama yang muncul. Sehingga menyebabkan hubungan menjadi renggang atau malah berujung dengan putusnya hubungan.

Sebelum kamu dan pasangan memutuskan untuk memulai hubungan LDR, sebaiknya pertimbangkan lima hal berikut. Agar kamu dan pasangan lebih siap dan mengurangi potensi timbulnya drama.

1. Kepercayaan serta loyalitas kamu dan pasangan

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menjalani LDR, Biar Langgeng!ilustrasi wanita berkarisma (unsplash.com/chrisghinda)

Bagi pasangan LDR, urusan kepercayaan menjadi hal yang sangat penting. Sebuah hubungan tak akan berjalan jika pasangan tak memiliki rasa percaya satu sama lain. Kepercayaan harus dibangun dan dipelihara oleh kedua belah pihak, bukan hanya oleh salah satu pihak.

Kepercayaan juga sejalan dengan loyalitas. Ketika memiliki kepercayaan yang tinggi, berarti pasanganmu juga akan bisa menjaga hubungan kalian di sana. Rasa saling percaya mampu memupuk cinta agar tetap terjaga meski kalian tak saling bersua.

2. Komitmen bersama dalam mengantisipasi masalah

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menjalani LDR, Biar Langgeng!ilustrasi menebar kebaikan (unsplash.com/kellysikkema)

Komitmen yang tinggi bisa menjadi jalan sebuah hubungan bisa bertahan lama. Jika kalian sudah berkomitmen, maka ketika masalah datang menghampiri akan menjadi mudah teratasi.

Komitmen bisa menepis tantangan karena sejalan dengan tujuan dari sebuah hubungan. Jika satu sama lain sudah memiliki komitmen di awal, jarak yang jauh tak lagi menjadi masalah di antara kalian.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dilupakan ketika LDR, Bisa Bikin Renggang

3. Pola komunikasi satu sama lain

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menjalani LDR, Biar Langgeng!ilustrasi berkomunikasi dengan pasangan (unsplash.com/lebrvn)

Pentingnya berkomunikasi yang baik akan dirasakan terutama bagi pasangan LDR. Dikarenakan tidak bisa selalu bersama, tidak bisa dekat secara fisik maka selalu berkomunikasi menjadi satu jalan terbaik.

Awet tidaknya hubungan akan tergantung dari bagaimana cara pasangan selalu berkomunikasi. Utarakan dan bicarakan apa saja yang menjadi pikrian dan beban yang dirasakan. Dengan begitu kamu tak lagi menyimpan hal-hal yang bisa membebanimu.

4. Kemampuan untuk berkompromi dengan keadaan 

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menjalani LDR, Biar Langgeng!ilustrasi panggilan video dengan pasangan (unsplash.com/bencollins)

Menjalani hubungan LDR tentu kamu dituntut untuk selalu bisa mandiri. Kemandirian menjadi tanda bahwa kamu bisa berkompromi dengan keadaan. Kamu tetap baik-baik saja meski pasangan sedang berada nun jauh disana.

Dalam beberapa hal lain kamu pun harus bisa mengatasinya dengan baik. Jika tidak sanggup, tentu hal ini akan mempengaruhi hubungan kalian kedepannya.

5. Kemauan masing-masing untuk bisa saling mengalah

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menjalani LDR, Biar Langgeng!ilustrasi pasangan saling berpelukan (unsplash.com/freestocks)

Pahami dan mengerti kapasitas diri masing-masing sebelum menjalani LDR. Kamu yang lebih tahu akan kemampuan dan perasaan dirimu dibanding dengan pasanganmu. Kamu harus menyadari bahwa hubungan LDR bisa menjadi sangat sulit. 

Terutama jika kamu tak mampu untuk menyesuaikan diri dalam beberapa hal. Jika memang tak siap dengan itu semua lebih baik bicarakan dengan pasangan sebelum timbul masalah di kemudian hari.

Lima hal di atas bisa menjadi kunci kesuksesan hubungan bagi pasangan yang sedang LDR. Tak hanya menjadi perekat hubungan, tetapi juga bisa menambah keintiman pasangan lho!

Baca Juga: 5 Hal Absurd yang Hanya Dipahami Pasangan LDR, Bener Gak?

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya