Comscore Tracker

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Terjadi Perselingkuhan di Dalamnya

Seseorang yang selingkuh harus menebus kesalahannya

Selingkuh itu adalah perbuatan yang paling tidak bisa dimaafkan dalam hubungan. Oleh karena itu, jika pasanganmu memaafkan segala perbuatan yang kamu lakukan pada dirinya, maka kamu harus bersyukur, karena dia benar-benar mencintaimu. 

Namun, jangan merasa bahagia dulu dan beranggapan bahwa situasi sudah membaik seperti sedia kala. Pasangan bisa saja memaafkanmu, tapi tidak menjamin dirinya bisa ikhlas dan menerima semuanya, karena pasti ada trauma yang dia simpan rapat-rapat.

Oleh karena itu, untuk menebus segala kesalahanmu, maka kamu harus memperbaiki hubungan yang telah rusak tersebut. Berikut lima cara memperbaiki hubungan setelah adanya perselingkuhan. 

1. Minta maaf dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesali semuanya

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Terjadi Perselingkuhan di Dalamnyapexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak semua perkataan maafmu bisa diterima oleh hati dan pikirannya. Maafmu pun tidak bisa mengobati rasa sakit hatinya. Kamu mungkin bisa berjanji dengan perkataan manis, tapi ketahuilah perkataan tidak menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesali atas perselingkuhan yang terjadi.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menunjukkan perubahan sikap dan perilaku pada pasanganmu. Buat dia benar-benar percaya bahwa kamu memang menyesal dan tidak akan melakukannya lagi. 

2. Yakinkan pasanganmu bukan dengan perkataan, tapi tindakan

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Terjadi Perselingkuhan di Dalamnyaunsplash.com/Svyatoslav Romanov

Rasa sakit dan trauma yang dibuat olehmu tidak begitu saja sembuh hanya dengan maaf darimu serta tindakan yang dilakukan. Namun, kamu perlu meyakinkan dirinya bahwa kamu memilih dia dan berniat ingin memperbaiki semuanya. 

Selain itu, kamu juga harus memberikan sebuah jaminan dan konsekuensi dari hal yang kamu yakinkan dan janjikan padanya. Bilang padanya, jika kamu menyakitinya sekali lagi, maka dia bisa pergi darimu. 

Baca Juga: 5 Tanda Jika Pasanganmu adalah Sosok yang Toksik dalam Hubungan

3. Bersikap terbuka pada hal apa pun, termasuk pada ini handphone

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Terjadi Perselingkuhan di Dalamnyaunsplash.com/Roman Purtov

Setelah drama perselingkuhan yang kamu lakukan, tentunya kepercayaan yang dia pegang atas dirimu pun telah hilang dan luntur. Oleh karena itu, kamu harus terbuka pada hal apa pun yang kamu lakukan, seperti kamu sedang melakukan apa, berada di mana dan melakukan apa saja selama seharian. 

Selain itu, kamu juga harus merelakan privasi handphone dibuka secara lebar agar dia bisa mempercayai dirimu. Hal tersebut kamu lakukan dengan tujuan agar hubunganmu bisa berjalan sesuai dengan yang semula. 

4. Meluangkan waktu lebih banyak untuk pasangan

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Terjadi Perselingkuhan di Dalamnyaunsplash.com/Giorgio Trovato

Salah satu alasan yang mungkin kamu pegang saat menyelingkuhi pasanganmu, mungkin adalah kamu dan dirinya sulit bertemu dan sedang dilanda kebosanan. Maka dari itu, kini saatnya kamu memperbaiki semuanya dengan meluangkan waktu lebih banyak dengan pasangan.

Buat dirinya merasa bahagia dan nyaman saat bersamamu lagi. Berikan kejutan dan hadiah kecil untuk mencairkan suasana agar terhindar dari kebosanan lagi. 

5. Mulai mendekatkan pasangan pada keluarga besarmu

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Terjadi Perselingkuhan di Dalamnyapexels.com/Alexy Almond

Sebenarnya, ketika pasanganmu bisa menerima kembali kamu dengan segala rasa sakit yang ada, hal itu menunjukkan bahwa dia benar-benar ingin serius menjalani hubungan dan menikah denganmu. Kini adalah tugasmu untuk menebus segala kesalahan yang ada dengan cara memperkenalkan dia pada keluarga besarmu.

Buat dia bisa merasa lebih dekat dengan keluargamu. Jika kamu merasa masih belum bisa dibawa pada keluarga besar, setidaknya kamu bisa mendekatkan dia dengan saudara-saudaramu. 

Itulah lima cara memperbaiki hubungan setelah terjadi perselingkuhan yang menyakiti hati pasangan. Kamu harus melakukan kelima hal di atas untuk menebus segala kesalahan yang kamu lakukan pada pasanganmu. 

Baca Juga: 5 Indikasi Kamu Tipe Orang yang Suka Selingkuh, Waspada Nih!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya