Comscore Tracker

Ada Kerabat yang Menikah, Panjatkan Doa-doa Baik Ini!

Bukan cuma samawa

Bagi pengantin baru, tak ada kado paling indah selain ucapan selamat dan doa baik dari orang tersayang. Doa merupakan tanda bahwa kita turut bahagia atas pernikahan tersebut dan berharap keberkahan tanpa henti kepada Tuhan Yang Maha Esa pada rumah tangga mereka.

Doa yang dipanjatkan, bukanlah doa sembarangan dan bukan pula sekadar ucapan “Semoga sakinnah mawaddah warrahmah”. Dilansir Popbela, berikut doa khusus yang dapat kamu berikan kepada mereka yang baru menikah maupun sedang mempersiapkan pernikahan.

1. Doa untuk pengantin baru

Ada Kerabat yang Menikah, Panjatkan Doa-doa Baik Ini!pixabay.com/pexels

Menurut Abu Hurairah R.A, ketika ada seseorang yang menikah, Nabi Muhammad SAW memberikan ucapan kegembiraan dengan sebuah doa:

Barokallahu laka, wa baroka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khoyr

Artinya:

Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. [Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah]

Doa ini bisa dilafalkan kepada pasangan pengantin saat akad nikah atau resepsi pernikahan, kemudian diiringi dengan ucapan "Samawa”. Jika tak dapat menghadiri acara, kirimkan saja doa ini lewat pesan singkat atau kartu ucapan kepada kedua mempelai.

Baca Juga: Memohon Kemudahan dan Kelancaran, 5 Doa Ini Wajib Dipanjatkan

2. Doa untuk calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan

Ada Kerabat yang Menikah, Panjatkan Doa-doa Baik Ini!pexels.com/@goran-vrakela

Ketika diberikan kesempatan mendampingi calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan, ada 2 doa yang dapat kamu panjatkan untuk kelancaran hari bahagianya nanti. Kedua doa ini merupakan potongan dari surat dalam Alquran.

Doa pertama merupakan potongan surat Asy-Syuara ayat 83 dengan harapan supaya calon pengantin diberikan jodoh yang baik dan saleh.

Rabbi hab li hukmaw wa al-hiqni bis-salihin

Artinya:

(Ibrahim berdoa): Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh (Q.S Asy-Syuara:83).


Doa kedua merupakan potongan surat Al Kahfi ayat 10 yang dimaksudkan untuk memohon kelancaran dan kemudahan dalam mempersiapkan pernikahan.

Iz awal-fityatu ilal-kahfi fa qalụ rabbana atina mil ladungka rahmataw wa hayyi` lana min amrina rasyada

Artinya:

(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)" (Q.S Al Kahfi:10)

3. Doa untuk keberkahan pengantin

Ada Kerabat yang Menikah, Panjatkan Doa-doa Baik Ini!pexels.com/@dariaobymaha

Ada beberapa doa khusus yang memang ditujukan untuk memohon keberkahan bagi kedua mempelai. Doa ini dapat kamu panjatkan ketika menikmati sajian berkat yang disediakan di akad nikah atau resepsi pernikahan.

Doa pertama:

Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fiimaa razaqtahum.

Artinya:

Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka. (HR Ahmad)


Doa kedua:

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum.

Artinya:

Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka. (HR Muslim)


Doa ketiga:

Aftoro indzakumusshooimuuna waakala tho’aa makumulabrooru washollat ‘alaykumulmalaikah.

Artinya:

Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para malaikat telah mendoakan kalian.

Demikian beberapa doa yang dapat kamu panjatkan ketika ada keluarga, kerabat, dan teman yang menikah atau sedang mempersiapkan pernikahan. Semoga dengan doa yang baik ini dapat mendatangkan keberkahan dan kebahagiaan bagi kehidupan rumah tangga kedua mempelai.

Baca Juga: 6 Doa untuk Orang yang Menikah, Ada Doa Agar Cepat Punya Keturunan!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya