Comscore Tracker

5 Tips Membangun Hubungan Asmara yang Sehat, Relationship Goal!

Ciptakan keharmonisan yang membawa kebahagiaan

Sebuah hubungan asmara erat kaitannya dengan beragam tindakan romantis yang dapat membuat hati pasangan berbunga-bunga. Rasanya, hari-hari dipenuhi dengan kebahagiaan dan keinginan untuk selalu berada di sisi orang tersayang.

Namun, sebenarnya membangun sebuah hubungan asmara yang sehat tidak cukup hanya dengan memperbanyak kemesraan saja. Ada beragam faktor lain yang juga tidak kalah penting dan harus dipenuhi agar kedua belah pihak bisa merasa nyaman.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan hubungan yang sehat tersebut? Simak inspirasinya lewat sederet tips berikut ini, yuk!

1. Jujur dan terbuka sejak awal bersama

5 Tips Membangun Hubungan Asmara yang Sehat, Relationship Goal!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Eren Li)

Membangun sebuah hubungan romantis yang sehat sebaiknya dimulai dari awal adanya keinginan untuk bersama. Kamu dan calon pasangan harus bersedia untuk terbuka satu sama lain tentang diri kalian, baik itu menyangkut prinsip, keinginan, atau bahkan kisah di masa lalu.

Pertukaran informasi tersebut sangat berguna karena membantu untuk lebih mengenal satu sama lain. Ketika tidak ada hal yang disembunyikan, rasa saling percaya akan tumbuh dan hubungan bisa berjalan lebih lancar.

2. Rajin berkomunikasi

5 Tips Membangun Hubungan Asmara yang Sehat, Relationship Goal!ilustrasi seseorang yang sedang menelepon (pexels.com/George Milton)

Salah satu rahasia sebuah hubungan romantis bisa berlangsung dengan baik adalah adanya komunikasi yang lancar. Kamu dan pasangan harus mengusahakan untuk saling bicara untuk berbagai hal sehingga terjadinya kesalahpahaman bisa dihindari.

Selain itu, komunikasi yang terjalin intens dapat membuat kamu dan pasangan lebih tenang karena dapat mengetahui keadaan satu sama lain. Dengan begini, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan keadaan akan lebih stabil.

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Asmaramu Mulai Gak Sehat, Saling Mendiamkan!

3. Berikan waktu untuk sendiri

5 Tips Membangun Hubungan Asmara yang Sehat, Relationship Goal!ilustrasi me time (unsplash.com/Mollie Sivaram)

Banyak orang beranggapan bahwa posesif adalah salah satu bentuk kasih sayang yang menandakan seseorang tidak ingin jauh atau kehilangan pasangannya. Namun, sejujurnya ini merupakan hal yang tidak sehat karena justru membuat tertekan dan tidak nyaman.

Sebaiknya, berikanlah kesempatan kepada pasanganmu untuk menikmati me time karena ini merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Biarkan dia sejenak asyik dengan dunianya sendiri tanpa ada campur tangan darimu. Hal seperti ini akan sangat diapresiasi oleh pasangan dan hubungan kalian akan menjadi semakin sehat.

4. Selesaikan masalah dengan diskusi

5 Tips Membangun Hubungan Asmara yang Sehat, Relationship Goal!ilustrasi pasangan yang sedang berdiskusi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sebaik dan seromantis apapun hubungan asmara yang dijalani, pasti tidak bisa lepas dari adanya permasalahan. Namun, hal yang membedakan antara hubungan yang sehat dan tidak adalah bagaimana dalam menyikapi ujian tersebut.

Bila ingin membentuk jalinan asmara yang baik, pastikan kamu dan pasangan selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Bicaralah dari hati ke hati dan diskusikan apa saja yang mengganggu pikiranmu. Dengan begini, tidak akan ada hal yang mengusikmu dan pasangan sekaligus bikin hubungan kembali hangat seperti sedia kala.

5. Saling menjaga perasaan

5 Tips Membangun Hubungan Asmara yang Sehat, Relationship Goal!ilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Mungkin kamu sudah banyak mengetahui bahwa salah satu hal yang menyebabkan kandasnya suatu hubungan adalah ketidakmampuan untuk menjaga perasaan pasangan. Bisa saja ini merupakan sebuah hal yang tidak disengaja, tetapi jika terjadi terlalu sering, maka bisa fatal akibatnya.

Oleh sebab itu, pandai-pandailah menjaga perasaan pasangan. Berusahalah untuk menghindari hal-hal yang dapat melukai hati atau menyinggung perasaannya. Bila berhasil, maka kamu dan pasangan akan memiliki hubungan yang damai dan bahagia.

Berada di dalam sebuah hubungan asmara yang sehat tentu akan membuat hati setiap pihak merasa bahagia dan bebas dari kekhawatiran. Kalau sudah begini, hubungan akan lebih awet dan berjalan dengan baik. Langsung terapkan di hubungan kamu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Hubungan Tidak Sehat, Pastikan Ada Komitmen Bareng!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya