Comscore Tracker

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang 

Mungkinkah Tuhan sedang mempersiapkan yang terbaik untukmu?

Jodoh merupakan misteri dalam hidup manusia. Ketika mendengar kata jodoh, pikiran dan hati secara otomatis akan berkecamuk. Siapa dia dan kapan datangnya tidak seorang pun tahu. Terkadang dia datang secara tiba-tiba tanpa pernah direncanakan, namun terkadang dia tidak kunjung datang sampai kamu merasa lelah, bosan, bahkan putus asa untuk menunggunya. 

Jika sampai saat ini kamu belum dipertemukan dengan jodoh sementara usia semakin bertambah, mungkin kamu harus kembali berintrospeksi. Karena bisa jadi kesalahan utama terletak pada diri manusia. 

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat membuat jodohmu semakin menjauh, yuk simak baik-baik! 

1. Memasang kriteria pasangan yang terlalu tinggi

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang pixabay/Free-Photos

Jika kamu menginginkan jodoh seperti yang ada dalam khayalanmu, lebih baik buang jauh-jauh khayalan tersebut. Jodoh adalah cerminan diri. Jika kamu menginginkan jodoh yang sempurna, maka kembalilah untuk mengoreksi diri.

Memasang kriteria untuk jodohmu itu sah-sah saja karena kamu pun butuh menyeleksi dan mempertimbangkan baik-buruknya dia yang akan mendampingimu seumur hidup. Namun, jangan mencari yang sempurna karena waktumu hanya akan terbuang sia-sia.

Kamu harus ingat bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna.

2. Terlalu sibuk dengan duniamu sendiri

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang pixabay/hamonazaryan1

Terlalu sibuk untuk mengejar pendidikan, karir, dan hal-hal lain sampai melupakan orang-orang di sekitarmu bukanlah pilihan yang baik. Kamu boleh saja fokus dengan karir atau pendidikanmu, tetapi tetaplah luangkan waktumu untuk quality time bersama orang-orang di dekatmu. 

Tentunya kamu tidak mau kan jomblo seumur hidup? Lebih baik berkarir sambil mencari jodoh agar hidupmu seimbang. Siapa tahu ada orang yang diam-diam mengagumimu sejak lama namun terabaikan oleh kesibukanmu.

Pendidikan, cinta, dan karir adalah hal yang saling mendukung.

3. Terlalu menutup diri dan merasa minder

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang pixabay/sasint

Jika selama ini kamu menjadi pribadi yang terlalu menutup diri dan minder, buang jauh-jauh sikap tersebut. Kamu harus menjadi pribadi yang lebih membuka diri dengan lingkungan sekitarmu, karena siapa tahu ada yang diam-diam sedang mengagumimu. 

Kamu juga harus menjadi pribadi yang lebih kuat dan percaya diri. Dengan adanya kepercayaan diri, kamu akan terlihat lebih mengagumkan. Percayalah. Siapa tahu dari kekaguman orang lain terhadapmu terselip satu cinta yang akan menjadi jodohmu kelak.

Jodoh yang hebat akan datang di saat kita mau belajar untuk menjadi kuat.

Baca Juga: Kami Tahu Inisial Jodohmu dari Pilihanmu Terhadap Kue Ini!

4. Terlalu dekat dengan siapa saja

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang pixabay/StockSnap

Memiliki banyak teman dan mudah bersosialisasi adalah hal yang baik. Namun, bersikap berlebihan dan terlalu mesra dengan siapa saja adalah suatu kesalahan. Hal tersebut akan menyebabkan orang yang mendekatimu menjadi ragu, bahkan mundur.

Jodoh akan datang dari lingkungan sekitarmu, misalnya lingkungan kerja, bermain, atau pendidikan. Jika memang yang saat ini di sampingmu hanyalah teman biasa, maka bersikaplah sewajarnya teman. Jangan membuat orang yang diam-diam mengagumimu mundur perlahan hanya karena kamu tidak mampu mengendalikan sikapmu.

5. Belum siap berkomitmen untuk menjalani hubungan yang lebih serius

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang pixabay/MiguelRPerez

Komitmen adalah landasan penting yang dibutuhkan dalam suatu hubungan. Komitmen mampu membuat kamu dan pasanganmu merasa aman dalam mengungkapkan segala perasaan maupun pikiran secara terbuka. Dengan adanya komitmen, kamu dapat bertahan dengannya meskipun dalam keadaan terburuk sekalipun.

Mungkin banyak sekali faktor yang membuatmu belum siap untuk berkomitmen dalam hubungan serius, misalnya karena pendidikan, perekonomian keluarga, dan karir. Namun, ada baiknya kamu berdoa dan minta petunjuk dari Tuhan. Belajarlah untuk percaya dan menerima dirimu serta dirinya sebelum kamu dan dia memutuskan untuk bersama.

Komitmen adalah hal yang lahir dari sebuah penerimaan dan kepercayaan.

6. Tidak menjaga penampilan sehingga terlihat kurang menarik

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang pixabay/melancholiaphotography

Hal pertama yang akan dilihat oleh orang lain adalah penampilan. Penampilan merupakan hal penting, terutama bagi perempuan. Penampilan menjadi salah satu tolak ukur first impression orang lain terhadap kamu.

Jika sampai saat ini kamu masih malas mandi, tidak memperhatikan penampilan, bahkan malas menggunakan parfum, segera buang jauh kebiasaan tersebut. Dengan penampilan yang lebih bersih, rapi, dan wangi, kamu akan menjadi lebih nyaman dan percaya diri. Bukan tidak mungkin ada yang terpesona dan menaruh hati terhadap kamu.

Siap-siap menjadi rebutan ya. 

7. Tunggu, mungkin Tuhan memang sedang menyiapkan yang terbaik untukmu

7 Alasan Sampai Saat Ini Jodohmu Tak Kunjung Datang pixabay/StockSnap

Jika jodohmu tidak juga kunjung datang setelah kamu membuang jauh-jauh kebiasaan burukmu, maka tunggulah dan tetap sabar. Jangan putus asa. Mungkin Tuhan sedang sibuk dengan rencana-Nya untukmu. Mungkin Tuhan sedang menyiapkan jodoh terbaik untukmu.

Berdoalah untuk dia yang belum kamu ketahui keberadaannya. Berdoalah untuk dia yang saat ini sedang dalam perjalanan untuk menemukanmu. Yakinlah bahwa Tuhan akan mempertemukan kamu dan jodohmu tepat pada waktu-Nya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Dijodohkan Orangtua, Gak Ada Salahnya Mencoba

Rosalia Fransisca Irmawan Photo Community Writer Rosalia Fransisca Irmawan

Collosians 3 : 23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You