Comscore Tracker

5 Perawatan Kulit untuk Usia 30-an, Tetap Glowing dan Awet Muda!

Butuh perawatan tepat saat kulit mulai banyak perubahan

Saat memasuki usia 30 tahun, ada banyak perubahan pada kulit yang akan kamu alami. Mulai dari timbulnya keriput, bintik hitam karena matahari, noda bekas jerawat yang sulit hilang, kulit sensitif, dan banyak lagi.

Berkurangnya produksi kolagen, regenerasi sel kulit yang melambat, stres, dan paparan matahari merupakan beberapa faktor yang berkontribusi pada perubahan kulit di usia 30-an. Karenanya, di usia 30 tahun, kamu mungkin memerlukan perawatan kulit yang sedikit berbeda daripada yang biasa kamu lakukan di usia 20-an.

Kita bahas bersama-sama, yuk, seperti apa cara merawat kulit yang tepat untuk individu yang memasuki usia 30 tahun!

1. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu

5 Perawatan Kulit untuk Usia 30-an, Tetap Glowing dan Awet Muda!ilustrasi perempuan menggunakan scrub (pexels.com/Polina Kovaleva)

Di usia 30-an, regenerasi sel kulit menjadi makin lambat hingga menyebabkan kulit tampak kering dan kusam. Karenanya, dilansir laman SELF, kamu perlu membantu regenerasi sel secara manual untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Idealnya, kamu perlu mengeksfoliasi kulit dengan physical atau chemical exfoliator ringan sebanyak dua kali setiap minggunya. Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dan mengangkat sel yang lebih baru dan cerah di bawahnya. Bukan hanya membuat kulit menjadi lebih bercahaya, proses ini juga memastikan bahwa produk skincare yang kamu pakai terserap lebih dalam.

2. Tambahkan satu perawatan jerawat yang ringan

5 Perawatan Kulit untuk Usia 30-an, Tetap Glowing dan Awet Muda!ilustrasi menggunakan obat jerawat (freepik.com/freepik)

Dikutip laman SELF, memasuki usia 30 tahun, kamu mungkin masih sering melihat jerawat muncul di area wajah. Ditambah, karena kulit menjadi lebih kering, sensitif, sulit pulih dari peradangan, maka obat jerawat yang biasa kamu gunakan saat masih remaja mungkin tidak akan lagi berfungsi di usia ini.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan pembersih yang lembut, obat topikal aktif, pelembap, dan tabir surya. Ini akan membantu pergantian sel kulit, mengatasi peradangan, memperbaiki tekstur dan warna kulit. Langkah ini dinilai ampuh untuk menghindarkan kulit semakin kering atau iritasi.

Baca Juga: 5 Produk Perawatan dengan Kandungan Ginseng, Bikin Kulit Awet Muda!

3. Aplikasikan tabir surya setiap hari 

5 Perawatan Kulit untuk Usia 30-an, Tetap Glowing dan Awet Muda!ilustrasi tabir surya (pexels.com/Mikhail Nilov)

Produk anti penuaan nomor satu adalah tabir surya. Selain itu, dilansir laman Mamamia, tabir surya juga berperan penting untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari yang ada dan melindungi kulit di masa depan.

Penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat hari sedang mendung. Juga, baiknya gunakan tabir surya SPF 50+ untuk perlindungan lebih baik.

4. Hindari tisu pembersih wajah 

5 Perawatan Kulit untuk Usia 30-an, Tetap Glowing dan Awet Muda!ilustrasi perempuan sedang membersihkan kulit (pexels.com/Sora Shimazaki)

Tisu pembersih wajah tampaknya menjadi solusi praktis untuk kamu yang senang menggunakan riasan. Namun, di usia 30-an, kulit sudah tidak sekuat sebelumnya sehingga kamu perlu berhati-hati dalam memilih pembersih wajah.

Menurut laman Women's Health, tisu pembersih wajah terlalu abrasif untuk kulit di usia tiga puluhan. Produk-produk tisu pembersih wajah cenderung mengandung alkohol yang dapat mengganggu fungsi penghalang alami kulit dan menyebabkan sensitivitas hingga dehidrasi. Sebagai gantinya, lakukan double cleansing dengan pembersih yang lembut.

5. Tambahkan produk pencerah ke dalam skincare routine

5 Perawatan Kulit untuk Usia 30-an, Tetap Glowing dan Awet Muda!ilustrasi produk perawatan (pexels.com/RODNAE Production)

Akumulasi paparan sinar matahari selama bertahun-tahun membuat  bintik-bintik hitam mulai bermunculan di wajahmu saat kamu berusia 30 tahun. Karenanya, kamu mungkin perlu menambahkan produk pencerah ke dalam rutinitas perawatan kulitmu untuk mengatasi bintik hitam.

Diterangkan laman SELF, produk perawatan dengan hydroquinone menjadi salah satu solusi efektif untuk mencerahkan bintik hitam. Retinoid juga mampu mencerahkan kulit dengan membantu pengelupasan kulit dan produksi kolagen.

Banyaknya perubahan yang kamu alami di usia 30-an membuat kamu juga perlu mengubah rutinitas perawatan kulit. Dengan melakukan tips ini, semoga kamu tetap glowing dan youthful di usia 30-an ke atas, ya!

Baca Juga: 4 Jenis Perawatan untuk Meremajakan Kulit, Tengok yuk!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya