Comscore Tracker

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Cara Memakai Lulur yang Benar!

#IDNTimesLife Bikin rileks dan mampu menghaluskan kulit

Luluran jadi agenda me time yang gak boleh dilewatkan. Luluran memiliki banyak manfaat, antara lain untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh, melepaskan stres, hingga membuat tubuh jadi lebih rileks.

Agar lulur bekerja secara maksimal, yuk intip 5 cara memakai lulur yang benar di bawah ini! Selamat menyimak!

1. Mandi menggunakan air hangat dan sabun antiseptik

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Cara Memakai Lulur yang Benar!freepik.com/jcomp

Sebelum memulai luluran, sebaiknya kamu membersihkan badan terlebih dahulu. Mandi menggunakan air hangat, membantu mempersiapkan tubuh untuk proses pengangkatan sel kulit mati.

Saat mandi, kamu bisa menggunakan sabun antiseptik agar tubuh terbebas dari kuman dan bakteri yang menempel di kulit. Tahapan pertama ini penting dilakukan agar nantinya, khasiat lulur dapat meresap ke dalam lapisan kulit dengan baik. Setelah mandi, pastikan juga mengeringkan tubuh dengan handuk.

2. Gunakan body oil sebelum mengaplikasikan lulur

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Cara Memakai Lulur yang Benar!pexels.com/pixabay

Setelah badan kering, kamu bisa mengaplikasikan body oil untuk membuat tubuhmu tetap lembap. Sebagai referensi, kamu bisa memilih minyak zaitun ataupun minyak kelapa kemasan yang dijual di mini market untuk melakukan proses ini.

Dengan body oil, kamu lebih mudah mengangkat sel kulit mati saat berlulur nanti. Sambil mengoleskan body oil ke tubuh, kamu pun bisa melakukan pijatan ringan agar tubuh menjadi lebih rileks.

3. Oleskan lulur dan tunggu hingga setengah kering

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Cara Memakai Lulur yang Benar!freepik.com/valuavitaly

Selanjutnya, saat body oil sudah dibalur secara merata, kamu bisa mulai mengoleskan lulur. Pilih lulur yang dilengkapi dengan butiran scrub agar lebih efektif saat mengangkat sel kulit mati.

Setelah lulur teroles dengan rata keseluruh tubuh, kamu bisa diamkan sejenak hingga lulur setengah kering. Pastikan untuk mengaplikasikan lulur ke bagian lipatan, seperti leher, ketiak, siku tangan, selangkangan, hingga kaki.

Baca Juga: 6 Lulur Lokal dengan Harga Murah, Namun Bikin Kulit Cerah 

4. Mulai exfoliating dengan gerakan memutar

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Cara Memakai Lulur yang Benar!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Saat lulur sudah setengah kering, mulailah proses pengangkatkan sel kulit mati dengan cara menggerakan tangan dengan gerakan memutar. Kamu bisa melakukan gerakan yang sama ke seluruh tubuh agar sel kulit mati terangkat dengan sempurna.

Selain membantu untuk mengangkat sel kulit mati, gerakan memutar ini juga mampu melancarkan peredaran darah di bawah lapisan kulit. Jadi, pastikan untuk melakukan gerakan memutar ini saat memakai lulur ya!

5. Tunggu hingga 10-15 menit hingga lulur kering, lalu bilas menggunakan air

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Cara Memakai Lulur yang Benar!freepik.com/gpointstudio

Setelah selesai menggosok tubuh menggunakan lulur, alangkah baiknya jangan langsung dibilas. Kamu bisa menunggu 10-15 menit agar nutrisi yang ada pada lulur dapat meresap sempurna.

Selanjutnya, kamu bisa membilas lulur dengan air saja, gak perlu menggunakan sabun lagi. Pastikan semua sisa lulur yang ada di kulit, terbilas dengan air.

Setelah membilas lulur dengan air, kamu bisa mengeringkan tubuh dengan handuk bersih. Jika memiliki kulit kering dan sensitif, kamu juga bisa memakai pelembap ya!

Nah, itu tadi 5 cara memakai lulur yang benar saat di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Buah Segar yang Bisa Dijadikan Lulur, Bikin Kulit Sehat Alami!

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya