Comscore Tracker

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang Patah

Mulai dari salah pakai sampo sampai kurang menutrisi tubuh 

Kamu sudah pakai sampo mahal dan perawatan ini itu tapi rambutmu malah rapuh dan kering? Besar kemungkinan, ada yang salah dengan caramu merawat rambut. Kesalahan-kesalahan ini sering kamu lakukan sampai berubah jadi kebiasaan buruk.

Apa saja, ya? Berikut kesalahan perawatan yang bikin rambutmu rapuh dan kering!

1. Terlalu sering menggunakan alat styling rambut

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahPixabay/ryanmcguire-123690

Alat styling rambut seperti pengering rambut atau catok memang membantu penampilan, tapi penggunaan terlalu sering akan mempengaruhi kesehatan rambutmu. Rambutmu jadi terasa kasar, kering, bahkan rapuh.

Selain penggunaan terlalu sering, temperatur yang kelewat tinggi juga bisa berdampak buruk. Kamu perlu menyesuaikan temperatur alat styling sesuai dengan jenis dan kesehatan rambutmu. 

2. Salah memakai shampo

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahPixabay/socialbutterflymmg-5413276

Sampo merupakan produk perawatan penting yang bisa berdampak buruk kalau kamu salah menggunakan. Kamu harus memilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Hindari sampo dengan kandungan yang memicu rambut kering seperti sulfat.

Selain itu, gunakan sampo secukupnya. Terlalu banyak akan meninggalkan sisa-sisa yang bila tidak dibilas dengan baik, akan memunculkan ketombe. Terlalu sering keramas juga akan merampas minyak alami rambut. Alhasil, rambutmu jadi kering, rapuh, dan gampang patah.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing, Supaya Tidak Kering & Rusak

3. Jarang pakai conditioner

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahPexels/bennielbester

Jangan berharap rambutmu bakalan tetap indah, halus, dan gak gampang patah kalau masih malas pakai conditioner. Mengutip laman Allure, conditioner menguatkan kembali kutikula rambut dengan lapisan yang melindungi supaya rambut bisa tetap tumbuh dan gak gampang rusak.

Conditioner sangat penting untuk melindungi rambut setelah terpapar polusi, sinar matahari, dan lain-lain. 

4. Terlalu sering mewarnai rambut

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahPixabay/artursfoto-3533503/

Ingin coba warna ini itu ke rambutmu memang boleh-boleh saja. Asalkan, kamu perlu memberi jeda waktu yang cukup untuk rambutmu beristirahat.

Kandungan dalam pewarna rambut cukup merusak, apalagi kalau digunakan terlalu sering. Lebih baik nutrisi dan rawat rambutmu terlebih dahulu sebelum memutuskan ke salon untuk ganti warna rambut lagi. 

5. Menyisir rambut saat basah

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahVimessa.com

Stop menyisir rambut saat basah. Dalam kondisi basah, rambutmu sangat rapuh. Mereka akan gampang rontok saat disisir dengan sisir ataupun jari. Pastikan dulu rambutmu sudah setengah kering untuk mulai merapikan.

Lebih baik lagi kalau kamu menggunakan sisir dengan gigi renggang. Mengeringkan rambut terlalu kasar dengan handuk juga bisa membuat rambutmu rapuh dan gampang patah.

6. Tidak melindungi rambut dari sinar matahari

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahPexels/garonpiceli

Layaknya kulit, rambut juga harus dilindungi dari sinar matahari. Terlalu sering mengekspos rambut pada sinar matahari dapat mempengaruhi kesehatannya. Pastikan kamu menggunakan penutup kepala atau apa pun yang dapat membuat rambutmu terhindari dari paparan langsung sinar matahari terlalu lama.

7. Malas trim atau potong rambut

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahPixabay/kaleido-dp-1176973

Trim rutin gak cuma menghindari tumbuhnya rambut bercabang, tapi juga menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Terutama kamu yang ingin punya rambut panjang, trim rutin adalah wajib. Dengan memotong ujungnya, rambutmu bisa tumbuh lebih kuat dan sehat. 

8. Tidak menutrisi tubuh

Ups, 8 Kesalahan Perawatan Ini Bikin Rambutmu Rapuh dan Gampang PatahPexels/rawpixel

Percuma saja kamu melakukan perawatan ini itu tapi kamunya malas makan makanan sehat. Kalau tubuhmu kurang asupan protein dan vitamin yang dibutuhkan, rambutmu akan jadi rapuh, kusam, dan kering. Mulai kurangi makan makanan tidak sehat seperti junk food dan beralih ke sayuran dan buah-buahan sehat.

Nah, kesalahan mana yang sering kamu lakukan? Jangan sampai diulangi lagi, ya!

Baca Juga: 6 Tips Mewarnai Rambut Supaya Tidak Rusak

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya