Comscore Tracker

5 Penyebab Pori-pori Tersumbat, Bisa Menimbulkan Banyak Masalah Kulit

Mengganggu penampilan, sis!

Wanita yang memiliki kulit wajah flawless biasanya memiliki pori-pori wajah yang kecil, bebas dari komedo dan jerawat. Perlu perawatan kulit yang rutin untuk mendapatkan wajah flawless seperti itu.

Namun terkadang walaupun sudah dirawat secara rutin, ada saja masalah yang menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan masalah. Di antaranya jerawat, komedo, dan kulit kusam.

Nah untuk menghindarinya, ketahuilah beberapa penyebab pori-pori tersumbat berikut ini.

1. Lupa membersihkan makeup

5 Penyebab Pori-pori Tersumbat, Bisa Menimbulkan Banyak Masalah KulitPexels.com/Ali Pazani

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh wanita. Terkadang karena terlalu sibuk beraktivitas, mereka suka lupa membersihkan wajah ketika sudah di rumah. Padahal sisa makeup yang bercampur dengan minyak dan kotoran di wajah, dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Karena itu biasakanlah selalu untuk membersihkan makeup di wajah, setelah selesai beraktivitas.

2. Sering menyentuh wajah

5 Penyebab Pori-pori Tersumbat, Bisa Menimbulkan Banyak Masalah KulitPexels.com/Mihai Stefan Photography

Sering menyentuh wajah dengan tangan ternyata juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Tangan, walaupun kelihatannya bersih tapi bisa terinfeksi banyak kuman, bakteri dan kotoran. Karena tangan selalu digunakan untuk menyentuh berbagai macam barang, dan berinteraksi dengan banyak orang. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, supaya kotoran yang menempel di tangan tidak berpindah ke wajah.

Baca Juga: 5 Produk yang Bisa Bantu Kamu Membuat Tampilan Pori-pori Tampak Kecil

3. Sering memencet jerawat

5 Penyebab Pori-pori Tersumbat, Bisa Menimbulkan Banyak Masalah KulitPixabay.com/kjerstin michaela

Jerawat di wajah memang menyebalkan dan mengganggu penampilan. Jerawat muncul karena pori-pori di wajah tersumbat minyak, debu dan kotoran. Memencet jerawat di wajah malah akan semakin memperparah keadaan. Jerawat akan semakin meradang, dan pori-pori wajah juga membesar. Tangan yang kotor juga akan menyebabkan jerawat baru muncul lagi di wajah.

4. Jarang melakukan eksfoliasi wajah

5 Penyebab Pori-pori Tersumbat, Bisa Menimbulkan Banyak Masalah Kulitgirlwithcurves.com

Eksfoliasi wajah penting banget untuk dilakukan, karena dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh pembersih wajah biasa. Tanpa kotoran dan sumbatan, pori-pori wajah akan mengecil. Oleh karena itu lakukanlah eksfoliasi wajah setidaknya 1x dalam seminggu.

5. Salah memilih produk kecantikan

5 Penyebab Pori-pori Tersumbat, Bisa Menimbulkan Banyak Masalah KulitUnsplash.com/Diana Kadreva

Tidak semua produk kecantikan yang dijual di pasaran itu aman untuk kulit. Untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit, pilihlah produk kecantikan yang non-comedogenic. Jenis produk kecantikan ini biasanya tidak mengandung oil, butter, atau lilin sehingga aman dipakai dan tidak perlu khawatir pori-pori tersumbat. Biasakan membaca label komposisi ketika membeli produk kecantikan.

Supaya kulit wajahmu tetap sehat, jagalah supaya pori-porinya tidak tersumbat. Karena pori-pori yang tersumbat, bisa menimbulkan banyak masalah pada kulit. Hindari melakukan hal-hal di atas ya, girls.

Baca Juga: Tak Perlu Biaya Mahal, 7 Bahan Alami Ini Atasi Pori-pori Besar

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya