Comscore Tracker

6 Jenis Kandungan Skincare yang Ampuh Mengecilkan Pori, Wajib Tahu!

Ada retinoid dan niacinamide

Kalian pasti pernah bertanya-tanya mengapa pori-pori kulit dapat membesar maupun mengecil, kan? Nah, sebenarnya pori-pori kulit tersebut akan tampak membesar jika terdapat sesuatu yang menyumbatnya, seperti sel kulit mati, minyak, hingga komedo.

Namun tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa jenis skincare yang memiliki enam kandungan di bawah ini. Apa saja itu? Yuk, langsung simak ulasannya!

1. AHA

6 Jenis Kandungan Skincare yang Ampuh Mengecilkan Pori, Wajib Tahu!unsplash.com/Charisse Kenion

AHA merupakan jenis kandungan yang saat ini tengah populer dalam ranah skincare. Namun, tahukah kamu apa fungsi sebenarnya dari kandungan ini?

AHA atau Alpha Hydroxy Acid adalah salah satu jenis kandungan dalam skincare yang dikenal sangat efektif dalam mengangkat kotoran, minyak, sebum, serta sel-sel kulit mati. Selain itu, AHA juga mampu membuat pori-pori terlihat lebih kecil.

2. BHA

6 Jenis Kandungan Skincare yang Ampuh Mengecilkan Pori, Wajib Tahu!instagram.com/cosrx

Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah salah satu jenis senyawa asam dalam skincare yang memiliki fungsi sebagai eksfoliator atau pengelupas kulit mati. Sama dengan AHA, BHA pun dipercaya mampu mengatasi kotoran dan minyak yang membentuk komedo. Oleh karena itu, menggunakan BHA juga mampu membuat pori-pori kamu terlihat lebih kecil.

3. Clay

6 Jenis Kandungan Skincare yang Ampuh Mengecilkan Pori, Wajib Tahu!pexels.com/Polina Tankilevitch

Kandungan ini mungkin terdengar asing bagi kamu. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa skincare yang memiliki kandungan clay, mampu mencegah pori-pori tampak besar.

Selain itu, clay juga mampu mendetoks kulit dari kotoran, minyak, hingga bakteri. Beragam sekali manfaatnya, bukan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker Korea Tahun 2020, Pakai Serum Aja Gak Cukup! 

4. Hyaluronic acid

6 Jenis Kandungan Skincare yang Ampuh Mengecilkan Pori, Wajib Tahu!unsplash.com/Phaedra Botanicals

Hyaluronic acid memiliki manfaat yang sudah sangat terkenal, yakni mampu menjaga kelembapan kulit. Hyaluronic acid juga mampu menjaga pori-pori agar selalu tampak lebih kecil.

Dengan kata lain, produksi minyak pada kulit wajahmu pun bisa menurun. Kulit juga lebih sehat.

5. Niacinamide

6 Jenis Kandungan Skincare yang Ampuh Mengecilkan Pori, Wajib Tahu!unsplash.com/Okan Younesi

Serum yang memiliki kandungan niacinamide, diyakini memiliki fungsi untuk mencegah penumpukan sel kulit mati dan mengontrol produksi sebum. Tidak hanya itu, niacinamide juga mampu meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit, lho!

Dengan fungsi tersebut, jelas kamu bisa menggunakan jenis serum ini untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Sebab, penumpukan sel kulit mati merupakan salah satu faktor penyebab pori-pori tampak lebih besar.

6. Retinoid

6 Jenis Kandungan Skincare yang Ampuh Mengecilkan Pori, Wajib Tahu!instagram.com/revolutionskincare

Retinoid merupakan jenis kandungan pada skincare yang mampu mengatasi masalah pori-pori tersumbat. Sama dengan beberapa kandungan lainnya, retinoid bekerja dengan mengikis sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit.

Demikian informasi mengenai jenis kandungan skincare yang ampuh untuk mengecilkan pori-pori. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti 

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya