Comscore Tracker

5 Tips Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif ala Beauty Influencer

Wajib hindari kandungan alkohol dan parfum

Tipe kulit berminyak dan sensitif menjadi masalah yang cukup krusial bagi sebagian wanita. Pasalnya, kondisi kulit tersebut dapat membuat wajah terlihat mengilap seharian sehingga mengganggu penampilan.

Kulit sensitif cenderung menimbulkan beragam masalah, seperti gatal, kemerahan, dehidrasi, dan kering apabila terpapar sinar matahari berlebihan atau berada pada cuaca dingin yang ekstrem. Selain itu, penggunaan skincare yang salah juga menyebabkan masalah kulit.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan sensitif, berikut tips menghindari sekaligus mengatasi kulit berminyak dan sensitif ala beauty influencer Sabila Aulia Matahari, dikutip dari rilis AYSI. Yuk, simak!

1. Rutin gunakan basic skincare

5 Tips Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif ala Beauty InfluencerSabila Aulia Matahari, Beauty Influencer (instagram.com/sabilaulia)

Penggunaan skincare dari cleanser, toner, serum, dan moisturizer merupakan langkah penting untuk mengatasi semua masalah kulit, termasuk kulit berminyak dan sensitif. Untuk mengakhiri rangkaian tersebut, jangan lupa gunakan sunscreen pada pagi hari dan melakukan re-apply.

Bagi pemilik kulit sensitif, kamu juga harus pilih skincare yang mengandung Hyaluronic Acid dan Ceramide. Sabila pun merekomendasikan AYSI Hydra-Glow Series. 

“Aku suka semua produk dari AYSI karena emang sebagus itu dan cocok banget di kulit aku. Kulitku jadi lembap, menghidrasi, meredakan kemerahan dan jerawat, dan cocok untuk kulit beruntusan,” katanya. 

2. Lakukan double cleansing

5 Tips Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif ala Beauty Influencerilustrasi double cleansing (pexels.com/Ron Lach)

Meskipun gak menggunakan makeup atau gak ke luar rumah seharian, jangan lupa juga untuk melakukan double cleansing setiap hari. Ini penting karena wajah juga bisa terpapar debu, polusi, dan kotoran akibat udara yang masuk melalui jendela rumah.

Namun, usahakan untuk menggunakan rangkaian produk yang memiliki kandungan dengan fungsi melembapkan, seperti hyaluronic acid agar lebih aman bagi kulit sensitif. Hindari produk yang bersifat terlalu keras bagi kulit.

3. Hindari kandungan alkohol dan parfum

5 Tips Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif ala Beauty InfluencerAYSI Skincare (dok. AYSI)

Bagi pemilik kulit sensitif, skincare dengan kandungan alkohol dan parfum merupakan jenis produk yang wajib dihindari. Sebab, produk dengan kandungan tersebut bisa membuat kulit kering, dehidrasi, dan kemerahan.

Selain itu, perlu diperhatikan pula kadar alkohol dan parfum yang ada di dalam skincare. Ini karena kulit sebagian orang cenderung memiliki batasan toleransi untuk menerima kedua kandungan tersebut. 

“Kulitku masih ada batas toleransi untuk parfum. Kalau wanginya masih tipis-tipis gitu, masih bisa kulit menerimanya. Tetapi, kalau parfumnya udah kuat, gak ada toleransi sama sekali. Alkohol emang gak bisa karena kulitnya langsung bereaksi dan bikin kulit kering,” ujar Sabila itu dalam Live IG bersama AYSI dengan tema “Skincare Tepat untuk Kulit Berminyak dan Sensitif” beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Harus Dihindari dalam Rawat Kulit Berminyak

4. Perbaiki skin barrier dengan Hyaluronic Acid & Niacinamide

5 Tips Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif ala Beauty InfluencerIlustrasi perempuan memakai skincare (unsplash.com/Kalos Skincare)

Memperbaiki skin barrier adalah kunci utama dalam mengatasi beragam masalah bagi kulit berminyak dan sensitif serta tipe kulit lainnya. Alasannya, merawat kulit yang baik juga harus dilakukan dari dalam.

Menurut Sabila, bahan yang cocok untuk memperkuat dan memperbaiki skin barrier adalah Hyaluronic Acid, Niacinamide, Ceramide, dan Allantoin. “Selama menggunakan skincare yang mengandung kandungan tersebut, kulit tidak memiliki problem yang parah. Palingan hanya jerawat hormonal saja,” kata pemilik akun Instagram @sabilaulia itu.

Ia juga menambahkan bila kandungan Hyaluronic Acid dan Niacinamide adalah hero ingredients untuk kulit berminyak & sensitif. Hyaluronic Acid akan membuat kulit lembap serta terhidrasi. Niacinamide dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan bekasnya.

5. Lakukan eksfoliasi

5 Tips Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif ala Beauty Influencerilustrasi eksfoliasi (pexels.com/Polina Kovaleva)

Eksfoliasi adalah langkah lain yang cukup penting untuk dilakukan agar kulit tampak lebih halus. Selain itu, tahap ini juga bisa mengatasi munculnya komedo yang ada pada kulit wajah.

Sabila mengatakan, dirinya lebih cocok menggunakan chemical exfoliator daripada physical exfoliator. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi wajah secara rutin setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. 

“Karena physical exfoliator seperti menggunakan scrub, akan membuat kulit terasa perih dan kemerahan akibat gesekan saat eksfoliasi. Sedangkan, chemical exfoliator bekerja dari dalam,” kata beauty influencer yang berusia 22 tahun itu. 

Itu dia enam tips mudah untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan sensitif ala Sabila Aulia Matahari selaku beauty influencer. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara rutin untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing.

Baca Juga: 5 Sunscreen Ringan Cocok Dipakai untuk Kulit Berminyak, Sudah Punya? 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya