Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Confess, Yuk Coba Terapkan!

Mengungkapkan perasaan juga perlu rencana yang matang!

Seiring dengan perkembangan zaman, ungkapan perasaan cinta tidak hanya dapat dilakukan oleh kaum laki-laki saja. Perempuan juga bisa mengungkapkan perasaan cinta mereka. Istilah ini terkenal di kalangan anak muda sebagai confess duluan. Untuk melakukannya, dibutuhkan keberanian khusus yang juga tidak dimiliki oleh setiap perempuan. 

Menyatakan cinta selalu memiliki dua kemungkinan. Sebagai pribadi yang lebih suka menunggu, perempuan kadang tidak memiliki pilihan dan cenderung memendam rasa. Padahal menyatakan rasa suka adalah hak setiap orang. Nah, sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah mempersiapkan lima hal di bawah ini.

1. Tentukan tujuan utama 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Confess, Yuk Coba Terapkan!ilustrasi perempuan merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan gegabah dalam menyatakan cinta. Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah membuat tujuan. Tanyakan pada hatimu, apa tujuan yang ingin kamu capai dalam rangka confess duluan? Apakah kamu berharap perasaanmu terbalas? Atau hanya ingin sekedar menyatakan agar terasa lega? Atau ini menjadi tujuan akhir kamu biar bisa move on

Tidak menutup kemungkinan memiliki tujuan dapat membuatmu lebih percaya diri. Setiap tujuan selalu ada konsekuensi. Maka dari itu, jangan sampai keliru dalam menentukan tujuan awal. Dengan adanya tujuan, kamu dapat meyakinkan dirimu sendiri dengan hasil akhir yang didapat. 

2. Rangkai kata yang sesuai

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Confess, Yuk Coba Terapkan!ilustrasi mengobrol (pexels.con/Budgeron Bach)

Mengungkapkan perasaan berarti mengatakan isi hati kita kepada orang lain. Jika kamu berniat untuk confess, jangan lupa pikirkan dalam bentuk apa kamu ingin mengatakan. Apakah langsung face to face atau hanya ingin lewat pesan pribadi? Tapi sebelum itu, kamu harus belajar menyusun kata-kata yang pas dan tepat.

Jangan lakukan secara mendadak. Ini dapat membuatmu bingung apa yang harus kamu katakan berikutnya. Akibatnya orang yang kamu ajak bicara bisa menjadi ilfeel dan tidak paham maksud yang ingin kamu sampaikan. Setiap proses perlu rencana yang matang. Begitu juga dengan mengungkapkan perasaan. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Doi Melakukan Ghosting Setelah Kamu Confess 

3. Ciptakan momen yang tepat 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Confess, Yuk Coba Terapkan!ilustrasi PDKT (pexels.com/Andres Ayrton)

Begitu banyak kejadian yang menghampiri kamu sehari-hari. Jangan sampai ketika kamu ingin confess, waktunya sedang tidak tepat. Bisa juga kamu sedang ada masalah internal. Persiapkan waktu dengan sebaik mungkin. Kamu bisa bertanya lebih dahulu apakah dia memiliki kesibukan di hari-hari tertentu, dan pada jam berapa dia bisa menikmati waktu. 

Untuk menciptakan momen yang tepat, kamu harus bersabar. Jika menyatakan perasaan tanpa memikirkan timing, kamu bisa mengganggu aktivitas yang sedang dia lakukan. Selain itu, agar topik pembicaraan berjalan lancar, jangan lupa untuk mencari tahu apa kesukaan gebetanmu. Penting untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman. 

4. Persiapkan mental sebaik mungkin

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Confess, Yuk Coba Terapkan!ilustrasi bercermin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Keberanian menjadi kunci utama dalam menyatakan perasaan. Apalagi kalau orang yang kamu taksir adalah sosok yang cuek dan tidak begitu mengenalmu. Jika kamu merasa belum siap, maka jangan lakukan. Hal itu hanya dapat menyebabkan kamu gemetar dan salah bicara. Persiapkan mental kamu sebaik mungkin sebelum mengungkapkan perasaanmu. 

Kamu dapat berlatih di depan kaca, atau meminta saran dari teman-temanmu. Memiliki teman yang selalu mensupport dirimu dapat menambah kepercayaan diri. Jangan lupa juga untuk memperhatikan penampilan. Gugup adalah hal yang wajar, tapi kamu tetap harus  menguasai diri. 

5. Siapkan rencana cadangan apabila kamu ditolak

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Confess, Yuk Coba Terapkan!ilustrasi perempuan kecewa (pexels.com/liza-summer)

Manusia tidak pernah tahu jalan kehidupan. Dan perasaan adalah hal tersulit yang dapat ditebak. Apabila kamu memiliki kepercayaan akan diterima, maka kamu dapat bersantai dan percaya diri dengan jawaban akhir. Tetapi jika kenyataan berbanding terbalik dengan harapan, kamu tidak boleh putus asa. Berlarut-Larut dalam kesedihan hanya semakin membuatmu terpuruk. 

Menyiapkan rencana setelah putus cinta harus mulai dipikirkan sebelum 'menembak'. Meski sakit hati terus berjalan, jangan lupa gunakan waktumu untuk menyibukkan diri dengan kegiatan positif. Hindari Lagu-Lagu galau yang berpotensi membuatmu menangis. Kamu bisa berlibur dengan Teman-Temanmu, atau mengunjungi tempat baru yang belum pernah kamu datangi. 

Tidak ada yang salah dari menyatakan perasaan. Baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara. Jika terus terjebak di bawah Bayang-Bayang takut ditolak, selamanya kamu juga akan terjebak rasa penasaran. Mungkin di masa depan kamu akan menyesali setiap kesempatan yang terbuang sia-sia. Karena perasaan perlu diperjuangkan, maka jangan ragu dan takut untuk maju, ladies.  

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Rasa Gugup saat Confess Perasaan ke Seseorang

Mutiara Halimah Photo Writer Mutiara Halimah

Suka warna biru, tidak suka keramaian, punya cita-cita ingin ke Neptunus.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya