Comscore Tracker

5 Bela Diri Ini Cocok Banget buat Wanita, Tendangan hingga Kuncian

Yuk, jadi wanita tangguh!

Maraknya kejahatan dan kekerasan pada wanita membuat kita harus selalu berhati-hati dan waspada. Selain itu mempelajari bela diri bisa menjadi salah satu cara untuk menghindar dari kejahatan yang menimpa.

Memiliki berbagai teknik pertahanan, berikut 5 bela diri yang cocok banget dipelajari untuk pertahanan diri!

1. Tae Kwon Do

5 Bela Diri Ini Cocok Banget buat Wanita, Tendangan hingga KuncianDramabeans.com

Tae Kwon Do menjadi salah satu seni bela diri yang paling terkenal. Seni bela diri asal Korea ini memiliki banyak teknik pertahanan dan teknik tendangan, karena itulah Tae Kwon Do menjadi salah satu seni bela diri yang cocok untuk wanita.

Laki-laki cenderung memiliki kekuatan upper body yang lebih besar. Tae Kwon Do yang memiliki banyak teknik tendangan akan menjadi keunggulan serta menambah kekuatan saat melawan penyerang laki-laki.

2. Krav Maga

5 Bela Diri Ini Cocok Banget buat Wanita, Tendangan hingga KuncianPinteerest/Marianna Mendoza

Bela diri militer asal Israel memiliki jurus yang diadopsi dari beberapa teknik seni bela diri seperti Judo, Aikido, tinju dan lainnya. Karv Maga memiliki gerakan yang sederhana namun sangat efisien. Dalam bela diri ini titik lemah menjadi kuncinya dan tak ada istilah bertarung dengan bersih.

Menendang alat vital, hidung dan tenggorokan menjadi salah satu yang diajarkan dalam gerakan Krav Maga. Bela diri satu ini bukanlah seni bela diri melainkan bela diri murni dengan teknik pertahanan. Karena itu Krav Maga sangat efektif untuk keadaan terdesak di kehidupan sehari-hari.

3. Aikido

5 Bela Diri Ini Cocok Banget buat Wanita, Tendangan hingga KuncianPinterest/Aikidojournal

Seni bela diri asal Jepang ini tidak mengandalkan kekuatan otot melainkan mengandalkan kelenturan serta kecepatan gerak. Aikido digunakan untuk melumpuhkan lawan bukan menyerang, sehingga tekniknya pun fokus pada kuncian dan lemparan.

Seni bela diri ini pun minim risiko cedera karena Aikido menekankan penguasaan teknik. Gerakannya yang halus membuat bela diri ini cocok banget bagi kaum hawa. Selain itu berlatih Aikido dapat melatih ketenangan dan konsentrasi.

Baca Juga: Wike Frinidya, Dokter Estetika dan Ahli Bela Diri di WSDK Surabaya

4. Brazilian Jiu Jitsu

5 Bela Diri Ini Cocok Banget buat Wanita, Tendangan hingga KuncianPinterest/Fightermarket

Olahraga satu ini populer setelah banyak petarung Ultimate Fighting Championship atau UFC menggunakan Brazilian Jiu Jitsu. Seni bela diri ini memiliki kelebihan pada ground fighting-nya. Hal ini sangat berguna ketika perempuan berada di bawah penyerangnya.

Fokus dari BJJ ini adalah bantingan, kuncian dan cekikan. Seni bela diri ini pun memiliki filofosi bagaimana lawan yang lebih kecil dan lemah dapat menghadapi lawan yang lebih besar dan kuat.

5. Jeet Kune Do

5 Bela Diri Ini Cocok Banget buat Wanita, Tendangan hingga KuncianPinterest/Liveabout

Apakah kamu tahu Bruce Lee? Bruce Lee merupakan salah satu martial artist yang paling terkenal dan penemu dari Jeet Kune Do. Seni bela diri ini dibuat oleh Lee karena keinginannya untuk menemukan teknik bela diri paling efektif. 

Dalam teknik ini diajarkan untuk memukul target terdekat dari penyerangnya. Seni bela diri juga mengandalkan kecepatan dan kepekaan dalam pertarungan. Jeet Kune Do dapat mengajarkan perempuan untuk melarikan diri dari situasi berbahaya secepat mungkin.

Itu dia 5 bela diri yang cocok banget untuk perempuan. Apa pun bela diri yang dipelajari, selalu waspada dan terus berlatih merupakan hal yang utama. Stay safe girls!

Baca Juga: IWD 2020: dr. Wike Frinidya Ungkap Pentingnya Bela Diri bagi Perempuan

Topic:

  • Nadin Azani
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya