Comscore Tracker

5 Efek Keramas Tiap Hari, Rambut Bisa Jadi Rusak

Waspada, rambut yang tadinya lembap terancam menjadi kering

Rambut adalah salah satu bagian tubuh dari kepala yang senantiasa harus kita rawat setiap hari. Dalam elemen rambut ini, setidaknya setiap hari mengeluarkan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar kulit kepala, lembap karena tutupan topi atau kerudung, bahkan terkena panas matahari sehingga menjadikan rambut kering atau bahkan berketombe.

Nah, untuk itu hendaknya rambut dikeramas setiap dibutuhkan. Keramas ini sangat baik untuk menjaga kebersihan rambut dari segala minyak, kotoran debu, ketombe, dan bahkan kutu sekali pun. Keramas juga jangan asal keramas saja, tapi gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut kita agar hasilnya juga memuaskan dan rambut tetap terawat dengan baik.

Idealnya, memang keramas ini setidaknya tiga hari sekali, namun ada yang melakukannya tiap hari dengan alasan rambut lepek, gatal, berminyak, dan kotor akibat debu. Tapi, apakah itu sehat? Ternyata tidak juga. Untuk lebih lengkapnya, simak paparan berikut ini.

1. Awas, jadi ajang munculnya ketombe

5 Efek Keramas Tiap Hari, Rambut Bisa Jadi Rusakilustrasi rambut berketombe (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan sering keramas setiap hari bukannya menyehatkan ternyata, namun akan berakibat munculnya ketombe. Ketombe ini pasti akan dibenci karena selain gatal juga akan memperburuk penampilan kita. Sedih sekali jika ketombe hinggap dan susah sekali dibersihkan. Jadi, solusinya hindari keramas terlalu sering dan gunakan sampo yang tepat untuk jenis rambut kalian.

2. Waspada rambut menjadi lebih kering

5 Efek Keramas Tiap Hari, Rambut Bisa Jadi Rusakilustrasi rambut kering (Pexels.com/Skitterphoto)

Selain itu, sering melakukan keramas akan membuat rambut menjadi lebih kering. Perlu diketahui, sebum atau lapisan minyak pada rambut dan kulit kepala produksinya akan menurun jika sering terkena air. Oleh sebab itu, rambut juga akan menjadi kering dan hilang kelembapannya. Sebaiknya, hindari mengeramasi rambut setiap hari, berilah jeda setidaknya dua hari sekali atau tiga hari sekali.

3. Ancaman warna cat rambut akan lebih cepat luntur atau pudar

5 Efek Keramas Tiap Hari, Rambut Bisa Jadi Rusakilustrasi warna cat rambut yang pudar (Pexels.com/Element5 Digital)

Nah, ini kabar buruk bagi yang mengecat rambutnya dengan metode bleaching. Jika kalian keramas setiap hari, tentu saja bahan cat yang menempel pada rambut akan terus terkikis oleh air dan bahkan luntur. Tak hanya itu, warna cat rambut juga akan lekas pudar. Jadi, berpikir dua kali untuk mencuci rambut alias keramas ini karena ternyata bisa berefek memudarkan cat rambut kita. Waduh!

Baca Juga: Mandi Keramas pada Siang Hari Membatalkan Puasa?

4. Sedih deh warna rambut yang asli pun terancam menjadi kusam

5 Efek Keramas Tiap Hari, Rambut Bisa Jadi Rusakilustrasi rambut kusam (Pexels.com/Cottonbro)

Selanjutnya, efek keseringan keramas juga akan berakibat terhadap warna rambut kita. Tadinya hitam berkilau, namun lama kelamaan akan berubah menjadi kusam. Wah, bagai bencana nih nantinya apabila warna rambut kita kusam karena penampilan kita akan terganggu karenanya. Untuk itu, lakukan keramas dengan bijak setidaknya dua atau tiga hari sekali agar menjaga rambut tetap berkilau sepanjang hari. Dan gunakan sampo yang tepat, tentu saja.

5. Kondisi rambut menjadi bercabang dan tidak sehat

5 Efek Keramas Tiap Hari, Rambut Bisa Jadi Rusakilustrasi rambut bercabang (Pexels.com/Bennie Lucas Bester)

Tak hanya beberapa efek di atas yang menyebabkan rambut menjadi tidak sehat, terlalu sering keramas pun jadinya membuat rambut bercabang dan terlihat tidak terawat. Tentu ini akan menjadi persoalan tersendiri, apalagi rambut adalah mahkota yang senantiasa menjadi ikon menarik pada setiap penampilan kita. Jadi, perhatikan mencuci rambut sesuai kebutuhan, ya!

Bagaimana, sampai di sini sudah paham, bukan? Jadi bertambah lagi wawasan kita akan perawatan rambut sebagai mahkota kita. Merawat rambut adalah bukti syukur kita kepada Tuhan telah diberikan bagian tubuh yang indah dan memesona.

Tetap bijak merawat rambut dan keramaslah sesuai kebutuhan dan ingat jangan terlalu sering karena ini akan merugikanmu. Semoga bermanfaat dan jadikan rambutmu indah, sehat, dan selalu terawat.

Baca Juga: Sering Keramas dengan Sabun? Ini Efeknya pada Rambutmu

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Tinggal di desa, sederhana, dan bahagia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya