Comscore Tracker

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehat

Cuci minimal sekali seminggu dengan sampo bebas residu

Mungkin, gak semua orang suka melihat tampilan rambut gimbal. Akan tetapi, untuk sebagian orang, rambut dengan model seperti itu memancarkan keindahan dan keunikan tersendiri di pandangan.

Tampilan yang kasar dan terlihat seperti tali rumpon, membuat banyak yang mengira kalau rambut gimbal atau dreadlocks gak pernah dibersihkan. Pandangan ini keliru karena faktanya, gaya rambut ini memerlukan perawatan yang lebih ekstra dari jenis rambut lain.

Lantas, gimana cara merawat rambut gimbal yang benar? Mari simak rangkuman informasinya berikut ini.

1. Cuci rambut minimal sekali seminggu

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehatilustrasi mencuci rambut dengan sampo (freepik.com/prostooleh)

Membersihkan rambut gimbal sangatlah penting agar kepala terbebas dari ketombe, penumpukan produk, dan minyak berlebih. Untuk itu, laman Love Locs menyarankan agar kamu mencuci rambut setidaknya satu kali dalam seminggu.

Akan tetapi, frekuensi tersebut belum tentu berlaku bagi setiap orang. Kamu bisa menambahnya menjadi dua sampai tiga kali seminggu jika kamu termasuk orang yang

  • sangat aktif;
  • rajin berolahraga;
  • bekerja di lingkungan yang berdebu;
  • berketombe; atau
  • memiliki kulit kepala yang gatal.

Perlu diingat, semisal kamu baru saja membuat rambutmu menjadi gimbal, jangan langsung mencucinya di minggu pertama. Soalnya, rambut masih terasa halus sehingga apabila dicuci, bentuknya akan kembali seperti semula. Maka dari itu, gunakan penutup rambut sewaktu mandi di minggu pertama.

2. Hanya gunakan sampo bebas residu

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehatilustrasi sampo (Unsplash.com/Mathilde Langevin)

Untuk rambut gimbal, kamu gak boleh menggunakan sembarang sampo. Yang hanya boleh dipakai untuk model rambut ini adalah sampo yang bebas sulfat atau sampo bebas residu lainnya. Kenapa begitu?

Sampo biasa bisa memicu penumpukan produk sehingga menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Selain itu, sampo jenis seperti itu meninggalkan residu yang dapat melonggarkan gimbal serta menumpuk dan membekas di rambut.

Sampo bebas residu itu seperti apa? Love Locs menjelaskan, sampo bebas residu adalah yang gak mengandung mentega, minyak sayur, atau bahan pelembut. Cairannya cenderung transparan. Jadi, kalau kamu menjumpai sampo yang creamy, maka itu bukan sampo bebas residu.

3. Begini cara mencuci rambut gimbal

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehatilustrasi mencuci rambut dengan sampo (Freepik.com/jcomp)

Mencuci rambut gimbal gak terlalu jauh beda dengan membilas rambut biasa. Namun, supaya gak merusak gimbalmu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Nah, berikut laman Love Locs bagikan untukmu cara mencuci rambut gimbal:

  1. Pertama-tama, basahi rambut dan kulit kepala.
  2. Tuangkan sedikit sampo ke tangan, lalu oleskan ke rambut gimbalmu. Kalau perlu, kamu bisa menambahkan lebih banyak sampo sewaktu mengoleskannya.
  3. Kalau sudah cukup banyak busa, pijat kulit kepala secara lembut dan menyeluruh menggunakan ujung jari.
  4. Setelah itu, bilas dengan banyak air. Biarkan sampo mengalir turun lewat rambut gimbalmu sehingga kamu gak perlu banyak menyentuhnya untuk membersihkannya.
  5. Kalau rambutmu sudah lama gimbal, gosok rambut secara lembut dengan gerakan seperti memerah sapi.
  6. Selanjutnya, beri sampo sekali lagi. Kali ini, kamu bisa membiarkan samponya selama beberapa menit di kepalamu.
  7. Setelah itu, guyur kembali sampai bersih.

Lebih lanjut, Stacey Ciceron, seorang ahli rambut, menyatakan bahwa mengolesi sampo pada gimbal sebanyak satu kali mungkin belum cukup untuk kondisi tertentu. Oleh karena itu, kamu bisa memakai sampo dua atau tiga kali supaya rambutmu bersih secara menyeluruh, dilansir InStyle.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Keramas, Sudah Tahu Belum?

4. Pastikan rambut benar-benar kering setelah membilasnya

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehatilustrasi mengeringkan rambut dengan hairdryer (Freepik.com/cookie_studio)

Memastikan rambut kering adalah salah satu hal terpenting ketika merawat rambut gimbal. Hal ini karena mengeringkan rambut dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bau rambut.

Menurut laman Carol's Daughters, cara terbaik untuk mengeringkan rambut gimbal adalah dengan mengangin-anginkannya. Penggunaan hairdryer kurang disarankan karena paparan panas secara langsung, mampu merusak gaya rambut yang satu ini.

Oleh sebab itu, supaya kering lebih cepat, pastikan supaya kamu memeras rambut setelah dibilas. Ingat, harus lembut, ya! Peras dari dekat akar rambut, lalu perlahan-lahan turun ke bagian ujungnya.

Kalau sudah dirasa gak terlalu basah, bungkus rambut dengan handuk microfiber. Kenapa harus handuk itu? Laman afrocenchix menjelaskan, handuk microfiber mampu menyerap lebih banyak air daripada kebanyakan handuk katun. Selain itu, handuk yang satu ini juga cenderung gak meninggalkan benang-benang halus di rambut.

5. Menjaga kelembapan rambut dengan memberikan hair oil

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehatilustrasi menggunakan hair oil (Freepik.com/freepik)

Kelembapan rambut perlu dijaga, terlebih lagi untuk potongan yang satu ini. Meski terikat dan terkunci, rambut gimbal yang kering rentan rapuh dan bisa saja patah. Untuk itu, kamu bisa memakai semprotan pelembap dan hair oil (minyak rambut) supaya gimbal tetap lembap dan gak kering.

Namun, bukan hanya rambut saja, kesehatan kulit kepala juga perlu banget diperhatikan, nih. Caranya, sapu kulit kepala dengan minyak rambut lightweight. Apakah itu?

Dilansir Softer Hairlightweight oil adalah jenis minyak rambut yang dapat menyerap ke kulit kepala dengan lebih cepat. Bukan cuma itu, minyak ini juga gak bakal membuat rambut lepek dan berminyak. Contohnya adalah jojoba oilgrapeseed oil, dan minyak argan.

6. Sebaiknya, tidur dengan bantal bersarung sutra atau satin

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehatilustrasi perempuan tidur (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara merawat rambut gimbal selanjutnya juga meliputi bantal yang akan kamu tiduri, nih. Hindari menggunakan sarung berbahan katun karena bahan tersebut mampu menyerap kelembapan rambut sehingga membuat rambut kering dan rentan patah.

Laman afrocenchix kembali menyarankanmu tidur dengan bantal bersarung sutra atau satin. Kalau gak punya, tutupi rambut gimbalmu dengan syal berbahan sutra atau satin. Cara lain adalah bungkus rambut dengan silk bonnet.

7. Saat gimbal mengendur, beri wax dan pelintir rambut kembali

7 Cara Merawat Rambut Gimbal supaya Tetap Bersih dan Sehatilustrasi meminyaki rambut (Freepik.com/gpointstudio)

Ada kalanya gimbal mengendur. Kalau ini terjadi, maka kamu perlu memelintirnya kembali agar tampilannya tetap paripurna.

Caranya adalah oleskan rambut dengan wax, lalu pelintir dengan telapak tangan supaya kembali kencang. Lakukan ini setiap minggu atau di saat kamu merasa gimbalmu mulai mengendur.

Ternyata, supaya rambut gimbal tetap bersih dan sehat, diperlukan perawatan khusus dan ekstra. Semoga informasi tentang cara merawat rambut gimbal tadi bermanfaat, ya!

Baca Juga: 7 Inspirasi Model Rambut Gimbal Pria yang Bisa Kamu Coba!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Febriyanti Revitasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya