Comscore Tracker

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu Ketahui

Tabir surya melindungi kulitmu dari bahayanya sinar matahari

Tabir surya alias sunscreen atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan sunblock adalah bagian dari perawatan kulit yang wajib dipakai. Pasalnya, tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet A  (UV A) dan ultraviolet B (UV  B) yang berbahaya bagi kulit. Apa saja manfaat memakai tabir surya dan bagaimana cara memakainya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Dapat mencegah kanker kulit, penuaan dini, dan sunburn

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu Ketahuitotalnewswire.com

UV A yang terdapat pada sinar matahari diserap pada lapisan dermis kulit. UV A  ini bisa menyebabkan kerusakan sel yang mengakibatkan kanker kulit dan penuaan dini. Tanda penuaan dini antara lain kulit kusam, kulit menjadi keriput atau berkerut dan munculnya bercak hitam. Sedangkan UV B diserap pada lapisan epidermis kulit. UV B dapat menyebabkan kulit terbakar yang membuat kulit menjadi belang dan warna kulit tidak merata. UV B juga berperan dalam munculnya melanoma, kanker kulit yang berbahaya. Tabir surya bekerja dengan menghalau dan memfilter UV A dan UV B sehingga mencegah terjadinya akibat-akibat tersebut.

2. Pakai tabir surya 20 menit sebelum terpapar sinar matahari

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu KetahuiCiriCara.com

Jangan langsung keluar rumah dan terpapar sinar matahari setelah memakai sunscreen. Tunggu 20 menit sehingga efek perlindungannya maksimal. Tetap pakai tabir surya walaupun cuaca mendung.

3. Pilih tabir surya minimal SPF 30

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu Ketahuihildaikka.com

SPF merupakan singkatan dari Sun protection Factor. SPF memberikan perlindungan terhadap UVB. Kadar SPF menunjukkan daya perlindungannya. Tidak ada tabir surya yang bisa memberikan perlindungan 100%. Tabir surya berSPF 15+ memberikan perlindungan sebesar 93%, SPF 30+ memberikan perlindungan sebesar 97%, dan SPF 50+ melindungi sebesar 98%. Oleh karena itu pilih tabir surya dengan minimal SPF 30+.

4. Pilih tabir surya broadspectrum

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu KetahuiInto The Gloss

Tabir surya broadspectrum artinya memiliki kandungan SPF dan PA (Protection Grade of UV A). PA memberikan perlindungan kulit terhadap radiasi UV A. Semakin banyak tanda plus (+) pada PA menunjukkan semakin tinggi perlindungannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen yang Harganya Murah Tapi Kualitas Gak Murahan

5. Ulangi pemakaian setiap 2 jam

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu Ketahuitransfercancun-airport.com

Daya tahan perlindungan tabir surya terbatas. Rata-rata hanya mampu melindungi selama 2-3 jam sehingga pemakaiannya harus diulang tiap 2 jam. Jika kulit berkeringat atau terkena air maka harus segera dipakai ulang tanpa harus menunggu 2 jam. Bila kamu memakai make up maka harus dibersihkan dulu sebelum mengoleskan kembali, kecuali jika kamu memakai sunscreen spray, bisa langsung dipakai tanpa harus menghapus make up dulu.

6. Gunakan dengan takaran yang cukup

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu Ketahuiyukepo.com

Seberapa banyak harus mengoleskan tabir surya? Untuk daerah wajah, telinga dan leher memerlukan sunscreen sebanyak 1 sendok teh atau sebanyak dua jari, untuk masing-masing tangan dan kaki juga 1 sendok teh, untuk seluruh badan 2 sendok teh. Banyak? Memang. Jika pemakaian tidak sesuai takaran maka perlindungannya pun tidak akan maksimal.

7. Boleh digunakan semua golongan usia

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu Ketahuibustle.com

Sunscreen tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa. Dan tidak hanya wanita yang memerlukan tabir surya. Pria pun harus memakai tabir surya. Bayi juga sudah boleh memakai sunscreen, apalagi jika sering diajak jalan-jalan keluar dan terpapar sinar matahari. Sekarang banyak kok sunscreen untuk bayi dan anak.

8. Tetap pakai pelindung

8 Fakta Tentang Tabir Surya yang Harus Kamu Ketahuiokezone.com

Walaupun sudah memakai tabir surya kita tidak boleh hanya bergantung pada tabir surya karena tidak bisa 100% melindungi. Tetap pakai pelindung lain seperti memakai baju panjang, topi, atau payung untuk mencegah paparan langsung sinar matahari.

Baca Juga: 5 Pilihan Sunscreen yang Ampuh Lindungi Kulit Wajah dari Sinar UV

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya