Comscore Tracker

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! 

Gantung dan anginkan saat tidak dikenakan

Celana hitam merupakan fashion item yang ada di setiap lemari baju pria. Fleksibilitasnya membuat celana hitam berbahan denim atau jeans ini sangat digandrungi. Meski kasual, celana hitam yang dipadupadankan dengan tepat mengubah penampilan menjadi trendy.

Menemukan celana hitam pria yang berkualitas bukan hal yang mudah. Cara merawatnya pun tidak boleh ala kadarnya. Sayangnya, tak sedikit pria yang mengabaikan cara mencuci celana hitam secara asal-asalan. Alhasil, serat dan warnanya cepat pudar atau belel. Untuk menjaga kualitasnya, simak sembilan cara mencuci celana hitam pria berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Sajadah yang Perlu Kamu Ketahui, Ibadah Makin Khusyuk!

1. Hindari mencuci terlalu sering

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan tidak mencuci terlalu sering (pexels.com/rodnae-prod)

Tips utama dalam merawat kualitas celana hitam pria adalah dengan jarang mencucinya. Meski terdengar asing, penggunaan detergen yang tidak sesuai berisiko melunturkan warna hitam pada celana. Apalagi kalau kamu menyikat celana hitammu dengan agresif.

Untuk itu, cuci celana hitam saat benar-benar kotor dan terlalu sering dipakai. Ada baiknya kamu menggunakan sabun khusus bahan denim guna meminimalisir lunturnya warna hitam pada kain.

2. Pisahkan dari pakaian lain

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan memisahkan dari pakaian lain (freepik.com)

Meski sering diabaikan, tahap ini sama pentingnya dengan proses pencucian. Celana hitam pria umumnya mengalami luntur saat proses awal pencucian, terutama bila baru.

Untuk itu, sebelum memasuki proses pencucian, sebaiknya kamu menyediakan wadah khusus untuk sajadah kotor. Dengan memisahkan sajadah dari pakaian lain, kamu mencegah risiko kelunturan.

3. Pilih detergen yang sesuai

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan memilih deterjen yang sesuai (pexels.com/rodnae-prod)

Pemilihan detergen yang tepat menjadi cara mencuci celana hitam pria selanjutnya. Tak semua detergen cocok untuk bahan jeans atau denim. Kini hadir detergen yang dilengkapi inovasi untuk menjaga cucian tetap lembut, menghilangkan noda membandel, dan mencegah warna memudar dengan cepat.

Guna menjaga kualitas celana hitam pria, pilihlah detergen cair yang sesuai. Sebagai alternatif, kamu tetap bisa menggunakan detergen bubuk dengan takaran secukupnya.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Sajadah yang Perlu Kamu Ketahui, Ibadah Makin Khusyuk!

4. Gunakan air dingin

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan menggunakan air dingin (unsplash.com/a_kehmeier)

Tahap awal yang perlu kamu perhatikan dalam mencuci celana hitam pria adalah suhu air yang kamu gunakan. Pilih suhu air paling dingin sebab mampu menjaga serat kain dan meminimalisir pemudaran warna. 

Meski mampu menghilangkan kotoran yang menempel, menggunakan air hangat tidak dianjurkan karena bisa merusak serat kain dan membuatnya cepat pudar. Selain itu, pastikan kamu membilas celana hitam dengan suhu air yang sama.

5. Balik celana hitam saat dicuci

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan membalik celana hitam saat dicuci (pexels.com/cottonbro)

Tak sedikit yang memilih mencuci menggunakan tangan daripada mesin cuci demi menghindari merusak bahan celana. Proses pencucian juga relatif singkat. Sebelum direndam, balik celana sehingga bagian dalam berada di luar. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada kain dan ujung celana yang tidak memiliki lipatan.

Selanjutnya, rendam celana hitam selama 10 menit dan sikat bagian yang bernoda. Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa melihat anjuran pencucian dalam label celana jeans.

6. Cuci dengan intensitas yang tepat

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan mencuci dengan intensitas yang tepat (freepik.com)

Bila kamu mencuci menggunakan tangan, hindari menyikat keseluruhan celana hitam pria terlalu kuat. Cukup gosok secara sewajarnya untuk membersihkan bagian yang bernoda. Mencuci secara manual banyak digemari sebab lebih ‘ramah’ untuk bahan celana.

Namun, jika kamu menggunakan mesin cuci, pilih mode gentle atau normal. Putaran singkat namun lambat menjaga bahan celana tidak melar. Tak hanya itu, cara mencuci celana hitam pria dengan lembut mampu meminimalkan penyusutan sehingga celana tidak belel.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Mencuci Pakaian Olahraga

7. Tambahkan cuka

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan menambahkan cuka (freepik.com)

Pada tahap pembilasan terakhir, kamu bisa menambahkan setengah cangkir cuka putih. Uniknya, cuka putih juga bisa dijadikan sebagai pengganti detergen.

Dengan menggunakan cuka, warna hitam jeans pria tetap terjaga. Meski tidak berbusa, cuka mampu menetralkan bau tidak sedap pada jeans, termasuk bau jeans baru. Tak perlu khawatir bau cuka akan tetap menempel pada celana, sebab bau menghilang dengan sendirinya saat celana kering.  

8. Hindari menggunakan mesin pengering pakaian

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan tidak menggunakan mesin pengering pakaian (freepik.com)

Dikarenakan suhu panas yang dihasilkan, memanfaatkan pengering pakaian untuk mengeringkan celana hitam pria perlu dihindari. Selain membuat warna cepat pudar, pengering pakaian bisa mengubah bahan menjadi kasar dan mudah melar. Imbasnya, celana terasa kurang nyaman saat dikenakan.

9. Jemur di tempat teduh

9 Cara Mencuci Celana Hitam Pria, Manual Hasilnya Lebih Oke! Cara mencuci celana hitam pria dengan menjemur di temat teduh (pexels.com/asysin)

Proses penjemuran celana hitam pria yang direkomendasikan adalah dengan membentangkan dan menggantungnya di tempat dengan sirkulasi udara yang lancar. Dengan memanfaatkan energi angin, celana akan kering dengan sendirinya tanpa bantuan mesin.

Sebaiknya kamu menghindari menjemur celana hitam pria di bawah sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari mengakibatkan bahan mudah lapuk dan warna cepat pudar.

Selain menjemur celana hitam pria di tempat yang teduh, kamu bisa menggunakan teknik membalik celana sebagai tambahan. Dengan begitu, bagian dalam berinteraksi dengan cuaca sehingga bagian luar terlindungi.

Itulah sembilan cara mencuci celana hitam pria yang kamu ketahui. Bila tidak ingin mencuci celana hitam terlalu sering, kamu bisa menyemprotkan disinfektan tabung untuk membasmi kuman dan bakteri.

Baca Juga: 6 Tips Mencuci Baju Putih Pria biar Gak Cepat Kusam

Topic:

  • Bella Manoban
  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya