Banyak Artis Hingga Menteri Nyaleg, Ini Rincian Gaji Anggota DPR

Kira-kira berapa gaji anggota DPR

Jakarta, IDN Times – Pendaftaran calon legislator telah ditutup pada Selasa, 17 Juli 2018. Partai-partai politik pun telah menyetorkan daftar calon legislator mereka. Dari nama-nama tersebut terselip sejumlah nama beken dari kalangan artis, atlet, hingga menteri.

Sebut saja Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Kedua menteri ini akan maju melalui PDI Perjuangan.

Secara total, ada lima menteri yang akan maju dalam bursa pemilihan legilatif yang akan digelar pada 2019 mendatang. Selain menteri, sejumlah nama artis seperti Krisdayanti dan mantan atlet Ricky Subagja juga bakal maju dalam pemilihan legislatif mendatang.

Sebenarnya apa sih yang membuat kursi DPR begitu menggoda? Gaji besar bisa jadi salah satunya. Nah berikut ini gaji yang diterima anggota Dewan setiap bulan.

1. Gaji anggota DPR Rp 50 jutaan

Banyak Artis Hingga Menteri Nyaleg, Ini Rincian Gaji Anggota DPRIDN Times/Kevin Handoko

Berdasarkan surat Menteri Keuangan No. S-520/MK.02/2015, para anggota DPR RI mendapatkan gaji Rp 76 juta. Dari surat tersebut diketahui rincian gaji anggota DPR, yakni gaji pokok Rp 4,2 juta, tunjangan komunikasi Rp 15,580,000, tunjangan kehormatan Rp 5,580,000, bantuan langganan listrik dan telepon Rp 7,7 juta, tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran Rp 3,750,000, uang sidang Rp 2 juta. Jika diakumulasi dengan beberapa poin gaji lainnya, maka uang gaji yang dibawa pulang anggota DPR sebesar Rp 54 juta.

Baca juga: Fahri Hamzah Tabuh 'Genderang Perang' pada Presiden PKS

2. Ketua DPR Bambang Soesatyo pernah membocorkan gaji anggota DPR

Banyak Artis Hingga Menteri Nyaleg, Ini Rincian Gaji Anggota DPRAntara Foto/Wahyu Putro

Sebelumnya Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan gaji yang diterima anggota DPR RI sekitar Rp 50 juta. Hal ini diungkapkan Bamsoet saat membantah klaim Mahfud MD yang menyatakan gaji anggota DPR mencapai Rp 1 miliar. 

3. Besarnya ongkos menuju Senayan

Banyak Artis Hingga Menteri Nyaleg, Ini Rincian Gaji Anggota DPR

Gaji sebesar Rp 50 jutaan yang dibawa pulang anggota Dewan ini memang cukup besar, terutama jika dibandingkan dengan gaji rata-rata karyawan. Namun untuk bisa duduk di DPR pun gak gampang.

Setiap calon legislator, misalnya, harus melakukan kampanye. Dan ini, tentu saja, membutuhkan biaya besar. Sebab kampanye membutuhkan logistik dan logistik hampir pasti memerlukan uang.

So, masih tertarik menjadi anggota DPR?

Baca Juga: Rumah Mardani Ali Sera Diserang Bom Molotov, Ini Kronologinya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya