Comscore Tracker

Profil Yaqut Cholil Qoumas, dari GP Ansor Jadi Menteri Agama 

Yaqut ditunjuk jadi Menteri Agama gantikan Fachrul Razi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan enam menteri barunya yang akan bergabung di Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12020). Salah satu nama yang disebutkan Jokowi adalah Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut ditunjuk menjadi Menteri Agama dan menggantikan Fachrul Razi yang baru menjabat selama satu tahun dua bulan, sejak pelantikannya pada 20 Oktober 2020 lalu. Berikut ini profile singkat Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: Menanti Reshuffle Kabinet yang Akan Diumumkan oleh Jokowi 

1. Yaqut adalah anak dari salah satu pendiri PKB

Profil Yaqut Cholil Qoumas, dari GP Ansor Jadi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ANTARA/Vicki Febrianto)

Yaqut Cholil Quomas atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Yaqut lahir pada 4 Januari 1975 di Rembang, Jawa Tengah. Ia merupakan putra dari salah satu pendiri Partai Kebangkitam Bangsa (PKB) Muhammad Cholil Bisri.

Yaqut juga merupakan adik kandung dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Yahya Qolil Staquf. Sama seperti sang kakak, Yaqut juga merupakan tokoh muda islam yang berkembang di Rembang.

2. Yaqut menempuh pendidikan sarjana di Jurusan Sosiologi, UI

Profil Yaqut Cholil Qoumas, dari GP Ansor Jadi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Yaqut menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN Kutoharjo pada 1981 – 1987. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang pada 1987 – 1990.

Lalu, Yaqut masih meneruskan pendidikan sekolah menengahnya di Rembang. Tepatnya di SMAN II Rembang pada 1990 – 1993. Namun, untuk jenjang sarjana Yaqut memilih untuk hijrah dan menempuh pendidikan di Jurusan Sosiologi,  Universitas Indonesia (UI).

3. Yaqut adalah Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020

Profil Yaqut Cholil Qoumas, dari GP Ansor Jadi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Dok. ANTARA News)

Yaqut saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor periode 2015-2020. Ia terpilih dengan cara aklamasi dan pengesahan terpilihnya disampaikan langsung oleh Nusron Wahid.

Sebagian besar, pimpinan cabang maupun wilayah GP Ansor memang telah menyampaikan dukungannya kepada Gus Yaqut sebagai calon tunggal. Sebelumnya, Gus Yaqut menjabat sebagai Wakil Ketua PP GP Ansor

Baca Juga: Jokowi Sering Komunikasi dengan Ketum Parpol Koalisi, Bahas Reshuffle?

Topic:

  • Sunariyah
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya