Airlangga Jawab Sindiran Megawati ke Pemerintah: Orde Baru Sudah Lewat

Megawati sebut pemerintah bertindak seperti zaman orba

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan amarahnya terhadap pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang bertindak seperti di zaman orde baru.

Terkait hal itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia saat ini sudah berada dalam era reformasi. Indonesia kata dia telah melewati masa orde baru.

"Kalau kita masuk dalam orde reformasi. Orde baru kan sudah chapter yang sudah lewat," kata Airlangga di Istana Negara, Rabu (29/11/2023).

1. Megawati sentil pemerintahan Jokowi yang bertindak seperti orba

Airlangga Jawab Sindiran Megawati ke Pemerintah: Orde Baru Sudah LewatKetua Umum PDI Perjuangan sekaligus Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Megawati mengatakan, bangsa Indonesia melewati Orde Baru menuju reformasi dengan penuh perjuangan. Lantas, ia heran mengapa penguasa saat ini justru hendak kembali ke era orde baru.

"Republik ini penuh pengorbanan tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang pada penguasa itu mau bertindak seperti waktu zaman Orde Baru?" ujarnya.

Ia juga bercerita pernah dipanggil oleh polisi sebanyak tiga kali pada masa itu. Megawati tak ingin masa seperti Orde Baru kembali terjadi.

"Saya kan anaknya bung Karno, pendiri republik ini. Dipanggil polisi aja tiga kali. Untung banyak pengacara yang mau ikut," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Bungkam soal Pernyataan Megawati Penguasa Seperti Orde Baru

2. Megawati minta publik pilih pemimpin dari rekam jejak

Airlangga Jawab Sindiran Megawati ke Pemerintah: Orde Baru Sudah LewatKetua Umum PDI Perjuangan sekaligus Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Aryodamar)

Oleh karena itu, kata Megawati, masyarakat harus memilih pemimpin yang memberikan kenikmatan. Selain itu, pemimpin yang dipilih harus punya rekam jejak yang baik dan bisa memimpin.

"Pilihlah yang baik, yang bisa memimpin, yang menaungi rakyat semuanya, yang track record politiknya bukan hanya teori tetapi punya pengalaman," ujarnya.

Baca Juga: Megawati: Kenapa Sekarang Penguasa Mau Seperti Zaman Orde Baru?

3. Jokowi enggan tanggapi amarah Megawati

Airlangga Jawab Sindiran Megawati ke Pemerintah: Orde Baru Sudah LewatPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memilih enggan berkomentar terkait amarah Megawati yang menyebut bahwa pemerintahan saat ini bertindak seperti di era orde baru.

"Saya tidak ingin memberi tanggapan," ujarnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya