Anies Baswedan Bertemu SBY di Pacitan, Bahas Strategi Pemenangan

Anies juga disambut oleh AHY

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden (Capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Jawa Timur.

Anies Baswedan juga disambut oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dalam video yang diterima IDN Times, Anies terlihat dibawa oleh AHY untuk mengunjungi Museum dan Galeri SBY-ANI yang berada di Jalan Lintas Selatan Pacitan.

“Calon Presiden dari Koalisi Perubahan, Mas Anies Baswedan akan ke Pacitan. Rencananya bertemu Bapak SBY dan Mas AHY,” kata Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, dalam keterangannya, Kamis (1/6/2023).

1. SBY dan Anies bakal bahas strategi pemenangan pada Pemilu 2024

Anies Baswedan Bertemu SBY di Pacitan, Bahas Strategi PemenanganKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjukkan kedekatan dengan Anies Baswedan di acara resepsi pernikahan putri Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri, Minggu (16/10/2022). (instagram.com/agusyudhoyono)

Herzaky mengatakan, Anies memang intens bertemu dengan Demokrat, Nasdem, PKS. Pertemuan itu untuk melakukan penguatan dan pemantapan strategi pemenangan pada Pemilu 2024 nanti.

Menurutnya, pertemuan SBY dan Anies di Pacitan hari ini juga termasuk akan membahas mengenai strategi pemenangan.

“Pertemuan siang ini juga bagian dari itu,” ujar dia.

Baca Juga: Anies dan Tim Kecil Temui SBY di Pacitan, Sodorkan AHY Jadi Cawapres?

2. Demokrat resmi deklarasi terbuka untuk Anies usai rapat dengan SBY

Anies Baswedan Bertemu SBY di Pacitan, Bahas Strategi PemenanganKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Partai Demokrat akhirnya resmi mendeklarasikan secara terbuka Anies Baswedan sebagai bakal capres untuk Pemilu 2024 pada Kamis (2/3/2023) lalu.

Keputusan itu diambil usai AHY menggelar rapat dengan jajaran Majelis Tinggi Partai (MTP). Rapat yang berlangsung selama lima jam itu menghasilan satu keputusan untuk mendukung Anies pada pemilu 2024 nanti.

"Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang diambil pada tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung ke Beliau, Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama. Ini memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan," ungkap AHY.

Dengan adanya pernyataan tersebut, maka keraguan dua partai lain yang sebelumnya sudah lebih dulu menyatakan dukungan bagi Anies dapat pelan-pelan terhapus.

Sebelumnya, Demokrat menyampaikan dukungan bagi mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya dalam bentuk keterangan tertulis pada 26 Januari 2023 lalu. 

"Artinya, ya sudah lengkap gabungan koalisi partai politik untuk membangun perahu koalisi perubahan," katanya.

3. JK sebut AHY punya kemampuan jadi Cawapres Anies

Anies Baswedan Bertemu SBY di Pacitan, Bahas Strategi PemenanganKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Annisa Pohan dan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harysa menyambangi rumah Jusuf Kalla. (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Muhammad Jusuf Kalla menilai AHY mepunyai kemampuan untuk menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

Hal itu ia ungkapkan usai bertemu AHY di kawasan Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023) lalu.

"Kalau Pak AHY pasti mempunyai kemampuan untuk itu," ujar Jusuf Kalla.

Meski begitu, politikus Partai Golkar itu menilai ia tidak berwenang memilih siapa pasangan calon untuk mendampingi Anies dalam Pemilu Presiden 2024. Sebab, hal itu merupakan wewenang partai koalisi dan Anies sendiri.

“Kalau secara teknis secara ideal itu adalah kewenangan dari pada koalisi dan capres," ujar JK.

Baca Juga: Menko Mahfud: Pemerintah Tak Pernah Jegal Pencapresan Anies

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya