Didampingi Kaesang, Jokowi Hadiri Konsolidasi Relawan Alap-Alap

Acara digelar di Sentul, Bogor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Conventional Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2023).

Tidak sendiri, Jokowi hadir bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Kaesang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Saya senang. Saya masuk ke sini, begitu masuk, suasananya sangat semangat. Suasana itu penting. Begitu masuk suasana tinggi. Ini menunjukkan relawan sudah pada posisi siap, benar?" kata Jokowi saat berpidato, dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Sikap PSI Masih Netral, Ketua DPP PSI Akui Dukung Ganjar Pranowo 

1. Diikuti 16 ribu orang

Didampingi Kaesang, Jokowi Hadiri Konsolidasi Relawan Alap-AlapIDN Times/Hana Adi Perdana

Penanggungjawab Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini, mengatakan, ada sebanyak 16 ribu orang yang mengikuti agenda tersebut.

Jumlah itu berasal dari 118 simpul relawan di 93 kota dan kabupaten.

"Peserta luar Jawa dominan dari Indonesia timur, yakni Papua, Sorong, Kupang, Flores, Bima, Lombok, Makassar, Gowa, Kendari, Gorontalo, Manado, Ambon," kata dia.

Baca Juga: Relawan Bakorsi Kota Depok Awasi Suara Anies-Cak Imin pada Pemilu 2024

2. Peserta datang dari berbagai daerah

Didampingi Kaesang, Jokowi Hadiri Konsolidasi Relawan Alap-AlapRibuan relawan Jokowi jelang Musra mencari penerus yang akan didukung pada Pemilu 2024 di Grand City Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Dia mengatakan, peserta juga datang dari daerah lain seperti Aceh, Bangka Belitung, Batam, Medan, Palembang, Jambi, Lampung, dan Pontianak.

Dari Jawa, kata dia, peserta datang dari 70 kota dan kabupaten di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jabodetabek.

Baca Juga: Erick Thohir Dinilai Mampu Menarik Suara Pemilih Jokowi pada 2024

3. Relawan pendukung Jokowi sejak Pilkada DKI 2012

Didampingi Kaesang, Jokowi Hadiri Konsolidasi Relawan Alap-AlapPresiden Jokowi saat menghadiri puncak Musra di Istora Senayan, Minggu (14/5/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, kata Isnaini, relawan Alap-Alap Jokowi lahir pada saat Jokowi mengikuti Pilkada DKI 2012.

"Terus lanjut ke Pilpres 2014 dan Pilpres 2019," ujar dia.

Adapun acara tersebut mengusung tema, 'Taat Instruksi-2024 Apa Kata Jokowi'. Acara itu juga merupakan hasil konsolidasi yang telah dilakukan sebelumnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: NasDem Tak Akan Ajukan Pengganti Syahrul Yasin Limpo di Kabinet Jokowi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya