Jokowi: Pemimpin Jangan Hanya Cari Selamat Nikmati Duduk di Istana

Jokowi hadiri acara relawan Alap-Alap

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pemimpin Indonesia ideal adalah yang tidak hanya mencari selamat dan menikmati duduk di Istana.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Conventional Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2023).

"Pemimpin jangan hanya cari selamat, cari enak, menikmati enaknya duduk di Istana, tidur di Istana," ujar Jokowi dikutip dari ANTARA.

1. Pimpinan nasional harus mau kerja keras

Jokowi: Pemimpin Jangan Hanya Cari Selamat Nikmati Duduk di IstanaPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi juga berharap agar pemimpin nasional nantinya adalah sosok yang mau bekerja keras dan tidak menghindari masalah.

"Kita ingin cari pemimpin yang mau bekerja keras untuk rakyat. Kalau ada masalah tidak menghindar, kalau ada problem berani mendekat dan menyelesaikan," kata dia.

Baca Juga: Didampingi Kaesang, Jokowi Hadiri Konsolidasi Relawan Alap-Alap

2. Indonesia butuh pimpinan bernyali besar

Jokowi: Pemimpin Jangan Hanya Cari Selamat Nikmati Duduk di IstanaPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika menghadiri rakernas ke-5 relawan Pro Jokowi di Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu, 21 Mei 2022. (www.instagram.com/@dr_moeldoko)

Jokowi mengatakan, Indonesia juga membutuhkan sosok pemimpin yang bernyali besar dalam menghadapi dinamika kondisi global.

"Hati-hati memilih pemimpin. Tantangan ke depan bukan semakin ringan, tapi semakin berat," kata Jokowi.

Hal itu karena dinamika global dalam keadaan tidak baik-baik saja karena pengaruh perang, perubahan iklim, hingga krisis pangan.

"Jangan kita digugat, misalnya oleh Uni Eropa, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), kita jadi grogi. Tidak boleh negara sebesar Indonesia memilih pemimpin yang ciut nyalinya digertak negara besar mana pun," ujar dia.

3. Jokowi hadir ditemani Kaesang

Jokowi: Pemimpin Jangan Hanya Cari Selamat Nikmati Duduk di IstanaPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kanan) bersama putra bungsunya Kaesang Pangarep (www.instagram.com/@kaesangp)

Dalam acara itu, Jokowi hadir bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Kaesang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Saya senang. Saya masuk ke sini, begitu masuk, suasananya sangat semangat. Suasana itu penting. Begitu masuk suasana tinggi. Ini menunjukkan relawan sudah pada posisi siap, benar?" kata Jokowi.

Sementara itu, Penanggungjawab Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini, mengatakan, ada sebanyak 16 ribu orang yang mengikuti agenda tersebut.

Jumlah itu berasal dari 118 simpul relawan di 93 kota dan kabupaten.

"Peserta luar Jawa dominan dari Indonesia timur, yakni Papua, Sorong, Kupang, Flores, Bima, Lombok, Makassar, Gowa, Kendari, Gorontalo, Manado, Ambon," kata dia.

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Erick Thohir Dinilai Mampu Menarik Suara Pemilih Jokowi pada 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya