Gelaran KTT ASEAN, Sekolah di DKI Terapkan PJJ 4-7 September 2023

Hanya sekolah yang dekat dengan lokasi acara KTT ASEAN

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan,  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi pelajar di Ibu Kota saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN yang digelar 5 sampai 7 September 2023.

"Iya, pembelajaran jarak jauh untuk KTT ASEAN," kata Heru usai rapat di Gedung Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: ASN di Jakarta WFH Sebagian Mulai 28 Agustus Demi Kelancaran KTT ASEAN

1. PJJ tidak diterapkan selama tiga bulan

Gelaran KTT ASEAN, Sekolah di DKI Terapkan PJJ 4-7 September 2023Ilustrasi PJJ dengan akses gratis CloudX Conference (IDN Times/Dokumen)

Heru menegaskan, PJJ tersebut tidak diterapkan selama tiga bulan seperti halnya penerapan work from home bagi sebanyak 50 persen pegawai Pemprov DKI.

"Tidak! Saya gak bilang soal PJJ (3 bulan), kecuali nanti tanggal 4 sampai 7, di luar itu WFH yang tidak bersentuhan (layanan), rumah sakit, dan seterusnya," katanya.

Baca Juga: Menko Luhut Perintahkan Semua Kementerian WFH, Heru: Pemprov DKI Sudah

2. Kebijakan WFH tidak berlaku di sekolah

Gelaran KTT ASEAN, Sekolah di DKI Terapkan PJJ 4-7 September 2023Ilustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Heru menegaskan, kebijakan WFH tidak berlaku bagi pegawai yang melayani masyarakat langsung seperti rumah sakit dan sekolah.

"Yang tidak bersentuhan dengan masyarakat, rumah sakit, dan sekolah yang tidak (WFH),"ujarnya.

Baca Juga: Heru Uji Coba WFH ASN DKI 50 Persen Mulai 21 Agustus Sampai Oktober

3. Pegawai yang WFH sebanyak 75 persen

Gelaran KTT ASEAN, Sekolah di DKI Terapkan PJJ 4-7 September 2023Ilustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, menambahkan, persentase pegawai yang melaksanakan WFH dan kehadiran di kantor juga akan disesuaikan selama KTT ASEAN berlangsung pada 4-7 September 2023.

"Pegawai yang WFH sebanyak 75 persen dan bekerja dari kantor sebanyak 25 persen. Penyesuaian ini berlaku pada kantor-kantor pemerintahan yang dekat dari lokasi KTT ASEAN, seperti Kantor Dinas Pariwisata di Kuningan, Jakarta Selatan," terangnya.

4. PJJ hanya diterapkan selama KTT ASEAN

Gelaran KTT ASEAN, Sekolah di DKI Terapkan PJJ 4-7 September 2023Presiden Jokowi hadir di acara KTT ASEAN dan Republk Korea (RoK) ke-23 di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Semenata soal PJJ, kata dia, sistem PJJ di sekolah yang berada di sekitar lokasi KTT ASEAN hanya berlaku pada saat event tersebut digelar, yakni pada 4-7 September 2023.

Sistem PJJ tersebut diberlakukan dengan persentase kehadiran siswa sebanyak 50 persen. Namun untuk guru dan tenaga pendidik di sekolah tersebut tetap hadir dan beraktivitas 100 persen.

“Untuk PJJ, hanya saat KTT ASEAN berlangsung. Sekolah yang menerapkan PJJ juga hanya yang berlokasi di sekitar venue KTT ASEAN, seperti di daerah Thamrin, Sudirman, Tanah Abang, Kuningan, dan Menteng. Namun untuk sekolah yang jauh dari venue KTT ASEAN, seperti di daerah Jakarta Barat dan Jakarta Timur, tetap beraktivitas normal dengan masuk 100 persen,” terangnya.

Baca Juga: Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya