Bogor dan Depok Terapkan Jam Malam, Jakarta Gimana Nih?

Menurut kamu, perlu ada jam malam di Jakarta?

Jakarta, IDN Times - Kota Bogor dan Depok, Jawa Barat, sudah aktif menerapkan kebijakan jam malam. Tujuannya agar penyebaran pandemik virus corona di wilayah tersebut dapat ditekan. Lalu, bagaimana nasib Jakarta sebagai ibu kota dan berada di dekat dua kota tersebut?

1. DKI Jakarta belum terapkan jam malam

Bogor dan Depok Terapkan Jam Malam, Jakarta Gimana Nih?Wagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah kota tetangga ibu kota itu. Namun, ia memastikan bahwa Jakarta belum menerapkan jam malam seperti di Kota Bogor dan Depok

"DKI belum sampai ke situ, ini jadi masukan," Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Baca Juga: Satgas COVID-19 Ajak Daerah Lain Contoh Jam Malam Kota Depok dan Bogor

2. Meski tak terapkan jam malam, DKI sudah buat pembatasan operasional

Bogor dan Depok Terapkan Jam Malam, Jakarta Gimana Nih?Wagub DKI Jakarta Riza Patria di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Meski demikian, kata Riza, DKI Jakarta telah lebih dulu membatasi pengoperasian tempat-tempat berkumpul, seperti pusat perbelanjaan, restoran dan sebagainya hingga pukul 20.00 WIB.

"Di Jakarta sejak awal pembukaan mal dan restoran kan sudah dibatasi ya jamnya sampai jam 8. Jam-jam kantor juga," katanya.

3. PSBB transisi Jakarta terus dievaluasi

Bogor dan Depok Terapkan Jam Malam, Jakarta Gimana Nih?Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama dengan Riza Patria mengapresiasi keberadaan Tugu Peringatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kawasan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Instagram.com/kominfotik_ju)

Ketua DPP Partai Gerindra ini mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan terus mengevaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang sedang diterapkan di Jakarta.

Ia pun tak menutup kemungkinan adanya jam malam di Jakarta.

"Kita evaluasi memang ada masukan untuk tempat kafe yang buka sampai malam kita evaluasi. Jam malam kita perhatikan caranya macam-macam, bisa saja tempat-tempat yang buka batas waktunya dipercepat," kata Riza.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Gak Jadi Terapkan Jam Malam. Ini Alasannya...

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya