Jusuf Kalla: AHY Punya Kemampuan Jadi Cawapres Anies Baswedan

JK harap pemimpin bangsa berikutnya bisa memajukan bangsa

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Muhammad Jusuf Kalla menilai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) punya kemampuan untuk jadi bakal calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan. Hal itu ia ungkapkan usai bertemu AHY di kawasan Jakarta Selatan, Senin 15 Mei 2023.

"Kalau Pak AHY pasti mempunyai kemampuan untuk itu," ujar Jusuf Kalla.

1. JK sadar ia tidak berwenang memilih pasangan Anies Baswedan

Jusuf Kalla: AHY Punya Kemampuan Jadi Cawapres Anies BaswedanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Senin (15/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Meski begitu, politikus Partai Golkar itu menilai ia tidak berwenang memilih siapa pasangan calon untuk mendampingi Anies dalam Pemilu Presiden 2024. Sebab, hal itu merupakan wewenang partai koalisi dan Anies sendiri.

"Kalau secara teknis secara ideal itu adalah kewenangan dari pada koalisi dan capres," ujar JK.

Baca Juga: Usai Anies, Giliran AHY dan Istri Temui Jusuf Kalla

2. JK harap pemimpin bangsa berikutnya bisa memajukan bangsa

Jusuf Kalla: AHY Punya Kemampuan Jadi Cawapres Anies BaswedanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Senin (15/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

JK berharap pemimpin Indonesia ke depannya tetap bisa memajukan bangsa dengan cara yang demokratis. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kedaulatan rakyat.

"Kita ini yang sudah pengalaman dan sudah pensiun sebenarnya dari kegiatan politik langsung, itu harus beri contoh yang baik, bagaimana kita mewariskan cita-cita politik yang lebih demokratis dan menjaga kedaulatan rakyat.," ujarnya.

3. AHY dan JK bahas masalah dan masa depan bangsa selama satu jam

Jusuf Kalla: AHY Punya Kemampuan Jadi Cawapres Anies BaswedanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Annisa Pohan dan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harysa menyambangi rumah Jusuf Kalla. (IDN Times/Aryodamar)

AHY dan Jusuf Kalla mengadakan silaturahmi selama satu jam. AHY menyebut ada berbagai hal yang dibicarakan kedua belah pihak, termasuk soal masa depan bangsa.

"Kurang lebih satu jam tadi kita membahas tentang isu-isu rakyat, isu-isu kebangsaan yang menjadi tantangan hari ini sekaligus bagaimana kita menatap Indonesia ke depan," ujar AHY.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Survei: Duet Prabowo-Erick Thohir Menguat Kalahkan Anies-AHY

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya