Anies Diteriaki Presiden di Aksi Bela Palestina

Teriakan itu saat Anies turun dari panggung orasi

Jakarta, IDN Times - Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan diteriaki "presiden" saat turun dari panggung aksi bela Palestina, setelah menyampaikan pidatonya di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

Teriakan itu terjadi saat Anies berjalan menerobos kerumunan saat hendak meninggalkan panggung orasi. Mengalungkan syal Palestina, ia hanya tersenyum dan terus melangkah saat awak media berusaha mewawancarai.

“Presiden, presiden, presiden,” teriak seseorang dan diikuti oleh massa.

Dalam pidatonya, Anies mendesak Israel segera membuka blokade terhadap warga Palestina yang saat ini masih terkepung. Ia juga meminta dunia memblokade Israel. 

"Biarkan bantuan masuk, biarkan rakyat dapatkan yang mereka butuhkan, mari semua bergerak lakukan blokade pada israel, tuntut gencatan senjata dan tanggung jawab mereka," kata Anies saat berorasi.

Anies mengatakan aksi ini akan menjadi pesan kepada dunia bahwa Indonesia selalu berdiri bersama rakyat Palestina, melawan kekejaman dan agresi pasukan Israel.

“Kita kumpul untuk kirim pesan pada dunia, kita ingin dunia lihat dari negara paling timur dikirimkan fajar Palestina. Free...free...Palestine," katanya.

Anies sebut penjajahan Israel atas Palestina harus segera dihentikan, sebab kemerdekaan adalah hak semua bangsa, termasuk bangsa Palestina. 

"Kita menolak menjadi penonton tragedi ini. Kita desak dunia tegakkan keadilan, jangan berdiam diri ketika saudara-saudara kita diinjak, ketika anak-anak layu sebelum waktunya," katanya.

Baca Juga: Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela Palestina

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya