Muhammadiyah Titipkan Aspirasi kepada Semua Capres Cawapres

PP Muhammadiyah mengundang 3 capres-cawapres untuk dialog

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Umum (Sekun) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menitipkan aspirasi warga Muhammadiyah kepada semua calon presiden dan calon wakil presiden, termasuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hal itu diungkapkan Abdul Mu'ti saat menyerahkan surat undangan bagi pasangan Ganjar-Mahfud untuk menghadiri dialog publik yang diinisiasi PP Muhammadiyah pada 23 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Undangan tersebut diserahkan Abdul Mu’ti di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Kamis (9/11/2023).

“Menitipkan aspirasi Muhammadiyah kepada semua capres-cawapres,” kata Mu’ti saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Ganjar Puji Muhammadiyah yang Terus Berkontribusi untuk Indonesia

1. Muhammadiyah undang seluruh capres-cawapres untuk berdialog

Muhammadiyah Titipkan Aspirasi kepada Semua Capres CawapresPrabowo-Gibran diarak jelang pendaftaran ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Mu’ti menjelaskan, pihaknya juga mengundang pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Dialog Publik Insyaallah diselenggarakan 21 November di Universitas Muhammadiyah Malang (Prabowo-Gibran), 22 November di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Anis-Muhaimin), dan 23 November di Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ganjar-Mahfud),” ujar Mu’ti.

Baca Juga: Anies Sambut Baik Rencana Uji Publik Capres oleh PP Muhammadiyah 

2. Dialog pasangan capres-cawapres untuk mengulik visi, misi dan program

Muhammadiyah Titipkan Aspirasi kepada Semua Capres CawapresBacapres dan Bacawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat menghadiri jalan sehat sarungan di Jember, Jawa Timur. (IDN Times/dok. Istimewa)

Adapun tujuan dialog kata Mu’ti adalah untuk pendidikan politik bagi pimpinan, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah serta masyarakat. Tujuan lainnya adalah untuk mengkaji secara kritis visi, misi, dan program capres-cawapres.

“PP Muhammadiyah masih menunggu konfirmasi dari masing-masing capres-cawapres,” ujar Mu’ti.

3. Dialog publik diharapkan berfungsi sebagai voter edukasi dan kedewasaan berpolitik

Muhammadiyah Titipkan Aspirasi kepada Semua Capres CawapresDok. Istimewa/IDN Times

Abdul Mu'ti juga menjelaskan, dialog publik akan digelar dalam format diskusi terbuka dan akan disiarkan TV Muhammadiyah dan juga bisa diliput media dan TV lain.

"Tujuannya adalah bagaimana pemilu dan pilpres tidak sekadar memilih calon tapi juga rakyat mengerti apa yang akan dijalankan capres dan cawapres yang akan dipilihnya," kata dia.

Menurut Abdul Mu'ti, dialog publik ini berfungsi sebagai voter edukasi dan kedewasaan berpolitik agar masyarakat jangan terkesan membeli kucing dalam karung di pilpres 2024.

Baca Juga: Pesan Presiden Jokowi kepada Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Medan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya