Cak Imin Sebut Airlangga Hartarto Tak Akan Jadi Wapres 

Golkar, Gerindra dan PKB akan gabung bentuk koalisi baru

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan bahwa Partai Golkar bakal merapatkan barisan ke koalisi PKB dan Gerindra dalam menyambut kontestasi politik Pilpres 2024.

Dia mengatakan, Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, tidak akan maju menjadi calon wakil presiden jika bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Kan sudah dijawab oleh Faisol Reza (Kepala Bappilu Presiden perwakilan PKB). Sudah dijawab waktu itu. Pak Airlangga bergabung, tapi tidak wapres," kata Cak Imin di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023).

Baca Juga: Relawan Airlangga Dorong Duet Airlangga-Ridwan Kamil di Pilpres 2024

1. Cak Imin sebut Golkar, Gerindra, dan PKB akan gabung bentuk koalisi baru

Cak Imin Sebut Airlangga Hartarto Tak Akan Jadi Wapres Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto [nomor tiga dari kiri]. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Wacana pembentukan koalisi baru ini memang sudah disuarakan oleh Cak Imin jelang Pilpres 2024. Koalisi baru itu rencananya terdiri dari sejumlah partai, yakni PKB, Gerindra, dan Golkar.

PKB dan Gerindra saat ini sudah tergabung dengan KKIR, sedangkan Golkar berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP.

Baca Juga: Golkar Belum Tentukan Dukungan Politiknya, Fokus Capreskan Airlangga 

2. PKB dan Golkar gabung koalisi inti dari koalisi besar

Cak Imin Sebut Airlangga Hartarto Tak Akan Jadi Wapres Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) ke-6 Try Sutrisno di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

PKB dan Golkar juga sudah bersepakat pembentuk koalisi besar. Koalisi besar merupakan gagasan penggabungan dari KKIR dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

PKB dan Partai Golkar menjadi koalisi inti dari penggabungan dua kubu tersebut.

Baca Juga: PKB Resmi Dukung Prabowo Jadi Capres 2024

3. PKB usulkan Airlangga jadi Ketua Tim Pemenangan

Cak Imin Sebut Airlangga Hartarto Tak Akan Jadi Wapres Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Dalam rapat tertutup yang digelar pada Rabu (10/5/2023 koalisi inti dari koalisi besar, PKB juga berharap agar posisi cawapres Prabowo diberikan kepada Muhaimin atau Cak Imin.

Di sisi lain, PKB mengaku akan bahagia bila Airlangga menempati posisi sebagai Ketua Tim Pemenangan 2024 saja.

"Kami senang kalau Pak Airlangga jadi Ketua Tim Pemenangan," kata Ketua DPP PKB Faisol Reza, Rabu kemarin.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Golkar Belum Tentukan Dukungan Politiknya, Fokus Capreskan Airlangga 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya