Ini Berbagai Isu Lingkungan yang Dilirik Tiga Capres 2024

Ada soal energi, iklim hingga agraria

Jakarta, IDN Times - Pemilihan Presiden 2024 akan segera berlangsung. Selain latar belakang dan pemilihan pasangan, salah satu hal yang harusnya tak lepas dari penilaian publik sebelum memilih capres dan cawapres adalah visi dan misinya.

Ada tiga pasangan yang melaju di Pemilihan Presiden 2024, pertama adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Salah satu isu yang perlu dibahas adalah isu terkait lingkungan, lalu apakah tiga pasangan ini sudah membahas isu terkait lingkungan? berikut penelusuran IDN Times.

1. Prabowo dan Gibran

Ini Berbagai Isu Lingkungan yang Dilirik Tiga Capres 2024Prabowo-Gibran di Indonesia Arena GBK jelang pendaftaran ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Pasangan capres dan cawapres Prabowo dan Gibran membawa isu lingkungan untuk maju bertanding di Pilpres 2024. Keduanya merilis dokumen visi, misi dan program mereka dengan tajuk Bersama Indonesia Maju, demi memenangkan hati masyarakat.

Dalam dokumen yang diterima IDN Times, keduanya punya 17 program prioritas yang salah satunya membahas soal lingkungan. Prabowo dan Gibran tercatat, berkomitmen menjamin pelestarian lingkungan hidup. 

Menurut keduanya, dalam upaya pembangunan dan peningkatan ekonomi negara, kepastian keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup menjadi prioritas utama untuk menjamin generasi mendatang dapat hidup sehat dan nyaman. 

Salah satunya adalah dengan percepatan pencapaian target Net Zero emisi GRK, termasuk mengupayakan penurunan jejak karbon (carbon footprint) dan jejak air (water footprint) untuk berbagai produk.

Tak hanya itu, keduanya juga hendak memanfaatkan bioplastik dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka juga mempunyai misi memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama demi mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Secara mendetail keduanya membedah isu lingkungan lebih dalam seperti menghentikan rencana reklamasi dan menindak tegas pelaku pencemaran lingkungan hingga pembakaran hutan. 

Baca Juga: Yenny Wahid Jadi Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud

2. Ganjar dan Mahfud MD

Ini Berbagai Isu Lingkungan yang Dilirik Tiga Capres 2024Ganjar Pranowo dan Mahfud MD usai mendaftar sebagai capres-cawapres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, pasangan Ganjar dan Mahfud juga membagikan isu terkait lingkungan dalam program mereka. Dengan judul menuju Indonesia Unggul, keduanya punya misi mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan Melalui ekonomi hijau dan biru.

Keduanya punya keinginan mengurangi emisi gas rumah kaca. Kemudian, mereka bakal melakukan moratorium deforestasi dan mempercepat reforestasi sebagai agenda harmoni kehutanan. 

Ganjar dan Mahfud juga ingin lakukan revitalisasi daerah aliran sungai (DAS) dan memulai  gerakan kesadaran gaya hidup bebas sampah, serta penerapan regulasi ketat terhadap perusakan lingkungan. Keduanya juga melakukan adaptasi dan mitigasi krisis iklim.

Sedangkan untuk ekonomi hijau, Ganjar dan Mahfud hendak melakukan transisi energi dengan memanfaatkan energi baru (EBT) sebagai generator pembaharuan yang potensinya sekitar 3.700 GW secara bertahap untuk kebutuhan energi dalam negeri, sehingga porsi EBT di dalam bauran energi menjadi 25-30 persen hingga tahun 2029.

Untuk ekonomi biru, keduanya berencana lakukan tata kelola laut yang inklusif dan berkelanjutan, keduanya bahkan ingin akselerasi 11 potensi maritim seperti perikanan tangkap hingga pariwisata bahari.

3. Anies dan Cak Imin

Ini Berbagai Isu Lingkungan yang Dilirik Tiga Capres 2024Pasangan Capres-Cawapres, Anies-Cak Imin (Amin) jalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Sabtu (21/10/2023). (IDN Times/Triyan)

Pasangan Anies dan Cak Imin mempunya visi, misi dan program kerja dengan judul Indonesia Adil Makmur untuk Semua. Keduanya punya misi berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lingkungan, yakni melakukan pengukuran dan stocktaking terjadwal untuk melengkapi data keanekaragaman hayati di Indonesia. 

Keduanya juga ingin menghadirkan keadilan iklim di Indonesia dengan memastikan harmonisasi nilai ekonomi dan ekologi di setiap sektor, sekaligus memberikan perhatian terhadap masyarakat rentan.

Keduanya bahkan ingin lakukan reforma agraria dengan mempercepat penyelesaian konflik-konflik agraria serta tumpang tindih penguasaan lahan secara menyeluruh, melalui pendekatan lintas sektor yang partisipatif dan berkeadilan.

Anies dan Cak Imin juga mau membangun kawasan pesisir, kepulauan, dan pedalaman dengan memenuhi kebutuhan dasar warga melalui penyediaan akses air bersih dan sanitasi layak sebagai upaya peningkatan kualitas hidup manusia.

Baca Juga: Kaesang Ajak Relawan Jokowi Menangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya