Sekjen Gerindra Nilai Pemilu Indonesia Contoh Demokrasi Modern

Dulu berebut kekuasaan dengan perang

Jakarta, IDN Times - Sekjen Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) H Ahmad Muzani menyampaikan, pemilihan umum merupakan proses demokrasi modern dalam pergantian kepemimpinan di Indonesia. 

Hal itu disampaikan Muzani saat memberikan materi dalam forum diskusi Keberagaman Menjadi Kekuatan Wujudkan Pemilu Bermartabat, Kemenko Polhukam di Bandung, Rabu (13/9/2023).

"Oleh karena itu, perebutan kekuasaan dengan menempatkan perwakilan parpol melalui pemilihan umum, ini adalah cara modern yang kita sepakati," kata Muzani.

1. Dulu berebut kekuasaan dengan perang

Sekjen Gerindra Nilai Pemilu Indonesia Contoh Demokrasi ModernWakil Ketua MPR, Ahmad Muzani (dok. Istimewa)

Dia kemudian mengatakan, hal itu berbeda dengan kondisi dulu, karena kekuasaan di masa lampau diperebutkan dengan berperang dan pertumpahan darah, seperti kudeta. 

DIia menyiratkan, hal itu tak akan terjadi karena calon presiden Gerindra Prabowo Subianto, punya komitmen soal persatuan dan kesatuan. Terlebih, utamanya demi kepentingan bangsa dan negara.

Melihat kondisi saat ini, Muzani optimistis akan terwujudnya pemilu yang bermartabat. Hal itu mulai terlihat dengan melihat perkembangan pengguna media sosial.

Bahkan netizen mengingatkan kepada pihak-pihak yang bisa berpotensi mengganggu stabilitas politik nasional.

Baca Juga: Muzani: Gerindra Menang Cara Menyelamatkan Indonesia

2. Singgung tata krama di media sosial

Sekjen Gerindra Nilai Pemilu Indonesia Contoh Demokrasi Modernilustrasi media sosial (IDN Times/Aditya Pratama)

Namun, dia juga mengingatkan jika masih ada pihak-pihak yang bisa berpotensi mengganggu stabilitas politik nasional melalui media sosial. 

"Saat ini, jika ada yang dianggap keluar dari koridor yang bisa merusak tata krama dalam penggunaan medsos, maka netizen yang akan mengingatkan kepada netizen yang lain," kata dia.

3. Jamin jika elite saat ini bisa jaga persatuan

Sekjen Gerindra Nilai Pemilu Indonesia Contoh Demokrasi ModernIlustrasi pemasangan bendera merah putih di rumah-rumah warga dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 75 (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Jika kekhawatirannya muncul soal mengendalikannya di lapisan bawah masyarakat, Muzani menjamin elite saat ini punya kesadaran menjaga persatuan dan kondusivitas bangsa.

"Bagi setiap tim pemenangan kita minta untuk mengabarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa program ini, kemenangan itu sebagai kemenangan Indonesia," beber Muzani.

Baca Juga: Muzani Tegaskan Capres Tunggal Gerindra Prabowo: Yang Lain Ilegal!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya