Intip 3 Syarat Ini sebelum Kamu Memutuskan Jadi Diplomat

Pesan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Jakarta, IDN Times - Profesi diplomat selama ini dipandang sebagai sebuah profesi elit. Sebab, setiap pelamar harus melalui tahap seleksi yang berlapis untuk menemukan bibit-bibit calon diplomat yang berkualitas.

Kalau sudah lolos seleksi, bukan berarti bebannya jadi berkurang, lho. Jadi diplomat itu punya tanggung jawab yang besar. Diplomat menjadi representasi negara asalnya di mata dunia serta berusaha menjalin hubungan baik dengan negara tetangga.

Namun, tak perlu khawatir. Asal menguasai syarat-syarat berikut ini, bisa jadi bekal dasar untuk kamu yang punya cita-cita menjadi seorang diplomat.

1. Kompeten

Intip 3 Syarat Ini sebelum Kamu Memutuskan Jadi DiplomatDok.IDN Times/Kemenlu

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, ada dua aspek yang perlu diperhatikan oleh calon diplomat Indonesia, yaitu perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan diplomasi ekonomi. 

“Diplomat Indonesia perlu memiliki pemahaman yang komprehensif tentang dinamika politik dalam negeri karena politik luar negeri pada hakikatnya adalah perpanjangan dari politik dalam negeri," ujar Menlu Retno saat pembukaan Sekolah Dinas Luar Negeri (Sekdilu) Angkatan 40 di Pusdiklat Kemlu, Senin (16/7).

Baca juga: Menlu Retno: Perempuan Juga Bisa Berkarir Jadi Diplomat

2. Tangguh

Intip 3 Syarat Ini sebelum Kamu Memutuskan Jadi DiplomatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pantang menyerah jadi syarat selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang diplomat. Apalagi ketika mendapat tugas untuk bernegosiasi dengan negara lain.

“Menjadi seorang diplomat itu harus tangguh dan tidak banyak mengeluh," imbuhnya.

3. Nasionalis

Intip 3 Syarat Ini sebelum Kamu Memutuskan Jadi DiplomatTwitter/@Menlu_RI

Menlu Retno melanjutkan, Diplomat Indonesia juga harus tangguh dalam memperjuangkan kepentingan nasional. Sikap nasionalisme ini penting bagi seorang diplomat untuk bisa melihat permasalahan negaranya dengan lebih jeli serta memperjuangkan kepentingan negara dalam hubungan antarnegara.

Nah, kalau sudah paham syaratnya buruan mendaftar. Siapa tahu kamu bisa menjadi diplomat yang andal.

Baca juga: Temui Menlu Retno, Tiga Dubes Membela Diri Soal Serangan ke Suriah

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya