Comscore Tracker

Gen Z Perlu Tahu! Masa Tenang, Kampanye, APK hingga APS dalam Pemilu

Definisi masa tenang, masa kampanye, APK dan APS

Jakarta, IDN Times - Banyak istilah yang digunakan pada Pemilu. Beberapa di antaranya yakni masa tenang, masa kampanye, alat peraga kampanye (APK), hingga alat peraga sosialisasi (APS).

Bagi sobat Gen Z mungkin belum familiar dengan istilah-istilah di atas. Yuk kenali apa maksud dari empat istilah pemilu di atas!

Baca Juga: Gen Z Harus Tahu, Ini Bedanya Kampanye Hitam dan Kampanye Negatif

1. Masa tenang untuk kontemplasi

Gen Z Perlu Tahu! Masa Tenang, Kampanye, APK hingga APS dalam PemiluIlustrasi Surat Suara (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa tenang merupakan waktu yang diberikan untuk rehat dari kegiatan kampanye. Pada masa tenang, politikus diimbau menggunakan waktu yang tersisa untuk lebih banyak berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan kemenangan pada hari pemungutan suara.

Masa tenang ini sekaligus sebagai kontemplasi diri untuk mengartikulasi dan agregasi janji-janji pada masa kampanye, jika terpilih nantinya. Selain itu, figur yang bertarung dalam kontestasi ini bisa mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan, jika hasil yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak sesuai ekspektasi.

2. Masa kampanye

Gen Z Perlu Tahu! Masa Tenang, Kampanye, APK hingga APS dalam PemiluIlustrasi kampanye (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sedangkan, istilah Kampanye dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018, adalah kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program, dan atau citra diri peserta pemilu.

Kampanye harus dilakukan secara jujur, terbuka, dan dialogis tanpa paksaan. Kampanye juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi publik dalam pemilu.

Merujuk pada Pilpres 2019, bahan kampanye yang diperbolehkan di antaranya selebaran (flyer), brosur, pamflet, poster, stiker, pakaian, penutup kepala, alat minum/makan, kalender, kartu nama, pin, dan alat tulis.

Baca Juga: Dear Gen Z, Ini Deretan Kampanye Hitam Pemilu dan Sanksinya di RI

3. APK dan APS

Gen Z Perlu Tahu! Masa Tenang, Kampanye, APK hingga APS dalam PemiluIlustrasi bendera partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Sementara, istilah Alat peraga kampanye (APK) secara sederhana adalah benda yang digunakan untuk melakukan kampanye. Bentuknya bisa spanduk, baliho, pamflet, bendera, hingga poster.

Menurut aturan KPU, APK adalah semua benda atau bentuk lain yang memuat visi, misi, program, dan atau informasi lainnya dari peserta pemilu, simbol atau tanda gambar peserta pemilu yang dipasang untuk keperluan kampanye. Tujuannya untuk mengajak orang memilih peserta tertentu.

Sementara alat peraga sosialisasi pemilu (APS) adalah alat yang digunakan untuk melakukan pendidikan pemilih. APS berguna untuk memberikan informasi kepada pemilih, memberikan pemahaman saat Pemilu berlangsung, dan memberikan kesadara pemilih tentang pemilu.

https://www.youtube.com/embed/_C1j8NEDpmU

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya