Soal Cawapres Anies, NasDem: Beberapa Hari Ini akan Ada Surprise

NasDem ungkap kriteria cawapres Anies

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengungkapkan akan ada kejutan pengumuman bakal calon wakil presiden Anies Baswedan dalam waktu dekat. 

Sugeng mengaku Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) akan menggelar pertemuan lanjutan untuk membahas bakal cawapres Anies Baswedan itu. 

"Nanti dalam sehari dua hari ini akan ada surprise. Pimpinan-pimpinan partai akan segera berkumpul dalam sehari dua hari ini. Jangan-jangan besok sudah ada kesimpulan," kata Sugeng di Jakarta, Selasa (30/5/2023). 

Baca Juga: Elektabilitasnya Paling Buncit, Anies: Pilkada DKI Juga Terendah!

1. Nama cawapres Anies akan mengejutkan publik

Soal Cawapres Anies, NasDem: Beberapa Hari Ini akan Ada SurpriseAnies Baswedan dan AHY siap dialog di kantor DPP Demokrat pada Kamis (2/3/2023). (IDN Times/Santi Dewi)

Sugeng enggan mengatakan siapa saja figur yang dipertimbangkan sebagai bakal cawapres Anies. Dia hanya menyebut cawapres Anies akan membuat banyak pihak terkejut. 

"Belum ada clue. Makanya itu bagian dari moment of surprise. Karena apa? Segala sesuatu perlu kecermatan, karena ini sifatnya resiprokal (saling berbalasan)," ucap Sugeng. 

Baca Juga: PKS Ungkap 3 Nama Masuk Radar Cawapres Anies

2. Koalisi sebut banyak pertimbangan pilihan cawapres

Soal Cawapres Anies, NasDem: Beberapa Hari Ini akan Ada SurpriseJuru bicara Tim Anies Baswedan, Sudirman Said (IDN Times/Ilman Nafi'an)

KPP mengaku banyak hal yang sudah dipertimbangkan dalam pemilihan cawapres Anies. Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara KPP Sudirman Said. 

Sudirman mengatakan meski banyak pertimbangan dikaji oleh tim kecil, tetapi keputusan akhir sosok cawapres tetap diputuskan Anies Baswedan. 

"Waktunya masih cukup (memilih cawapres). Seluruh tahapan digambarkan dalam timeline dan dibicarakan dengan sangat terbuka," kata Sudirman beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Anies Respons Cawe-cawe Jokowi: Semoga Pemilu Tetap Seperti Semula

3. Kriteria cawapres Anies

Soal Cawapres Anies, NasDem: Beberapa Hari Ini akan Ada SurprisePertemuan Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di rumah Anies, Selasa (21/3/2023). (dok. Partai Demokrat)

Sebelumnya Anies mengaku telah memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan sosok pendampingnya pada Pilpres 2024.

Anies mengungkapkan, kriteria pertama cawapres pendampingnya adalah berkontribusi pada pemenangan. Sementara kedua, memiliki peran pada stabilitas dukungan partai-partai koalisi.

"Ketiga, membantu untuk efektivitas pemerintahan. Tiga itu aja," katanya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya