Anies Pede Elektabilitasnya Tak Terpengaruh usai Johnny Tersangka

Anies tidak bahas soal elektoral dengan Surya Paloh

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan percaya diri elektabilitasnya tak berpengaruh usai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sekaligus Sekjen NasDem, Johnny G Plate menjadi tersangka kasus korupsi.

Anies mengatakan, dalam pertemuannya dengan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh selama 2,5 jam, tak membahas mengenai nasib elektoral.

"Kita sama sekali tidak bicara elektoral, kita bicara soal prinsip, kita bicara nilai, kita bicara tentang mengapa kita berjuang, mengapa kita mengambil jalur ini, jadi sama sekali tidak bicara seperti itu," ujar Anies Baswedan di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Anies mengatakan, pembicaraan elektoral hanyalah urusan remeh. Dalam pertemuan itu, Surya Paloh menyampaikan keprihatinan yang dialami oleh Johnny.

"Itu menjadi urusan remeh-temeh (elektoral), urusan kita lebih besar daripada sekadar jumlah suara daripada presentasi, republik ini tidak diatur tidak dipikirkan lewat persentase, negeri ini dibangun dengan nilai dengan gagasan, dengan keseriusan untuk memegang nilai itu, dan itu tadi kita bahas," kata dia.

Sebelumnya, Surya Paloh tidak memungkiri pencapresan Anies Baswedan bisa terpengaruh usai Johnny G Plate jadi tersangka.

"Pengaruh pasti ada," ujar Surya dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Surya mengatakan, partai politik elektabilitasnya naik dibangun dengan persepsi publik yang baik. Bila itu rusak, elektoralnya akan turun. "Institusi partai politik yang dibangun oleh kekuatan persepsi dan keyakinan pubik salah satu fakto atau key factor-nya, menentukan sekali," ucap dia.

Baca Juga: Johnny Plate Tersangka, Anies Datang ke DPP NasDem Malam-malam

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya