Ganjar Muncul di Tayangan Azan TV, KPI: Tak Langgar Aturan

Tayangan muncul di RCTI dan MNC TV

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, sempat menjadi sorotan lantaran muncul di tayangan azan magrib Lembaga Penyiaran RCTI dan MNCTV. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyatakan tayangan itu tidak melanggar aturan.

"Berdasarkan hasil forum klarifikasi dan rapat Pleno, KPI menilai bahwa siaran azan magrib yang menampilkan salah satu sosok atau figur publik tidak melanggar ketentuan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS)," kata Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat, Tulus Santoso, kepada IDN Times, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Ganjar Tampil di Tayangan Azan, Menag: Masa Politik Identitas?

1. KPI koordinasi dengan Bawaslu, KPU hingga Dewan Pers

Ganjar Muncul di Tayangan Azan TV, KPI: Tak Langgar AturanLogo KPI (kpi.go.id)

KPI mengimbau seluruh lembaga penyiaran untuk tetap mengedepankan prinsip adil, tidak memihak dan proporsional. Hal itu dilakukan untuk menjaga penyelenggaraan Pemilu 2024 yang demokratis.

"Adapun langkah selanjutnya terkait tayangan-tayangan kepemiluan yang berpotensi melanggar, KPI akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama Gugus Tugas yang terdiri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), KPI dan Dewan Pers," kata dia.

Baca Juga: Bawaslu Sebut KPI Segera Umumkan Hasil Kajian soal Ganjar di Azan TV

2. PDIP mengklaim tayangan azan Ganjar bukan politik identitas

Ganjar Muncul di Tayangan Azan TV, KPI: Tak Langgar AturanBacapres Ganjar Pranowo muncul di tayangan Azan Magrib stasiun TV (dok. Istimewa)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto menegaskan tayangan azan magrib yang menampilkan Ganjar bukan sebagai politik identitas.

"Bukan (politik identitas), karena dari sisi Pak Ganjar Pranowo, saya sendiri belum melihat ya, sehingga sebelum nanya lebih lanjut ya nanti saya lihat dulu," kata dia kepada awak media di Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023).

3. Ganjar dikenal religius dan rajin beribadah

Ganjar Muncul di Tayangan Azan TV, KPI: Tak Langgar AturanBacapres Ganjar Pranowo muncul di tayangan Azan Magrib stasiun TV (dok. Istimewa)

Meski demikian, Hasto menegaskan, Ganjar merupakan sosok yang religius. Menurutnya, tayangan itu tidak dibuat-buat. Bahkan dia menyebut sejak mahasiswa, Ganjar dikenal sebagai figur yang rajin beribadah dan santun.

"Tetapi kan Pak Ganjar Pranowo ini kan sosok yang religius, religiusitasnya tidak dibuat-buat, istrinya Bu Siti Atiqoh juga dari kalangan pesantren menampilkan kehidupan spritualitas yang mencerminkan sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan, bukan sesuatu yang dibuat-buat," ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya