Gibran Alasan Gak Ngantor karena Bertemu Wapres, Jubir Ma'ruf Bantah

Gibran berangkat ke Jakarta pada Senin (6/11/2023)

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada Senin (6/11/2023) absen bekerja di kantor Balai Kota karena hendak pergi ke Jakarta dalam agenda makan siang bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi membantah ada pertemuan antara Ma'ruf dan Gibran.

Dia mengatakan, agenda makan siang antara Wapres dan tiga calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD dan Muhaimin Iskandara yang mulanya akan digelar pada Senin (6/11/2023) batal.

"Batal," ujar Masduki kepada IDN Times.

Baca Juga: Gibran Gak Ngantor Hari ini, Izin Terbang ke Jakarta 

1. Belum ada waktu yang pas antara Wapres dan tiga calon presiden

Gibran Alasan Gak Ngantor karena Bertemu Wapres, Jubir Ma'ruf BantahJuru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sebelumnya, Masduki menerangkan, batalnya agenda makan siang antara Wapres dan tiga cawapres karena belum ada waktu yang pas.

"Bersama ini saya informasikan bahwa pertemuan tersebut ditunda. Selanjutnya segera dijadwalkan waktu yang cocok untuk pertemuan tersebut," ujar Masduki dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023).

Baca Juga: Pertemuan Tiga Cawapres dengan Wapres Ma'ruf Amin Diundur Pekan Depan

2. Ma'ruf ada agenda dengan Jokowi

Gibran Alasan Gak Ngantor karena Bertemu Wapres, Jubir Ma'ruf BantahPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu di Istana Merdeka pada Senin (9/5/2022). (dok. Setwapres)

Masduki mengatakan, penundaan agenda makan siang dengan tiga cawapres karena Ma'ruf Amin harus mengikuti rapat internal bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Adapun penundaan ini, disebabkan Wapres Ma’ruf Amin harus menghadiri hal yang sangat penting," ucap dia.

Semula, agenda makan siang Ma'ruf Amin bersama tiga cawapres dijadwalkan pada Rabu (1/11/2023). Sementara, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menjamu makan siang tiga capres,  Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, pada Senin (30/11/2023).

3. Gibran bertemu Wapres disampaikan oleh Wakil Wali Kota Solo

Gibran Alasan Gak Ngantor karena Bertemu Wapres, Jubir Ma'ruf BantahGibran Rakabuming Raka menghadiri acara Haul Habib Ali Al Hapsyi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengatakan Gibran bertolak ke Jakarta untuk memenuhi undangan makan siang bersama Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin di Istana Merdeka, Jakarta.

"Hari ini izin undangan makan siang Pak Wapres," jelasnya saat ditemui di kantor Balaikota Solo, Senin (6/11/2023).

Surat izin sendiri dikirim langsung ke Gubernur Jawa Tengah pada tanggal 3 November 2023. Teguh mengatakan jika surat tersebut bersifat urgensi.

"Itu bagian dari urgensi satu hari saja," ungkapnya.

Berdasarkan informasi, Gibran Rakabuming bertolak ke Jakarta melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo. Pada pukul 07.58 WIB.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya