Mahfud Jadi Cawapresnya, Ganjar: Kita Harus Dobrak Kemiskinan

Mahfud MD resmi jadi cawapres Ganjar

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Ganjar dan Mahfud mengklaim sanggup mengemban amanah sebagai capres-cawapres.

"Tidak banyak alasan mengapa kami menyanggupi amanah yang penuh dengan tantangan ini. Alasan kami hanya satu, karena kami ingin bekerja dengan tulus dan sepenuh hati untuk seluruh rakyat Indonesia," ujar Ganjar usai pengumuman cawapres di kantor DPP PDI Perjuangan (PDIP), Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Ganjar bertekad untuk memberantas kemiskinan di Indonesia. Dia mengatakan, Indonesia harus berdaulat di bidang politik, pangan, ekonomi, sosial, hingga kedaulatan digital.

"Kita harus dobrak kemiskinan yang masih menjerat rakyat dengan menyediakan kesempatan yang setara, sekali lagi setara bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali," kata dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri juga terus menyampaikan kesetaraan untuk semua pihak.

"Ibu Ketua Umum tadi menyampaikan, kesetaraan itu perlu afirmasi untuk kelompok perempuan, untuk penyandang disabilitas, dan untuk anak-anak kita," imbuhnya.

Dalam pengumuman itu, hadir sejumlah ketua umum partai pengusung Ganjar, antara lain Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Hanura Oseman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. Hadir juga politikus PPP, Sandiaga Uno dan politikus Perindo Tuan Guru Bajang. 

Diketahui, pengumuman cawapres ini lebih awal dari biasanya. PDIP selama ini biasa mengumumkan pasangan capres-cawapres pada menit-menit terakhir jelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dengan demikian, sudah ada dua pasangan capres-cawapres jelang Pilpres 2024, setelah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dideklarasikan pada Sabtu, 2 September 2023 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Sementara, dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung bakal capres Prabowo Subianto sampai hari ini belum mendeklarasikan bakal cawapresnya. Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut bakal mendaminginya, pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan capres-cawapres berusia di bawah 40 tahun, namun sudah atau sedang menjabat kepala daerah. Sebab, Gibran yang kini masih berusia 36 tahun disebut-sebut terganjal syarat usia sebagai bakal cawapres.

Baca Juga: Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Terima Kasih ke Jokowi

https://www.youtube.com/embed/3CczEaBxCek

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya