Mahfud MD Resmi Ditunjuk Megawati dan Koalisi Jadi Cawapres Ganjar

Pengumuman pasangan capres PDIP lebih awal dari biasanya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, resmi menetapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Pengumuman tersebut disampaikan Megawati langsung di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). Pengumuman cawapres ini diawali dengan pembacaan Pancasila. 

"Nah hari ini Rabu (18/10/23) saya dengan mantap kini telah mengambil keputusan, semuanya saya tujukan kepada bangsa dan negara dengan mengucap Bismillah maka cawapres yanng dipilih PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Mahfud MD," ujar Megawati.

Megawati menjelaskan, dalam proses memilih calon pemimpin tidak boleh lepas dari sejarah masa lalu dan perenungan panjang. Dia juga sempat berkelakar, hari ini banyak jurnalis berkumpul di kantor DPP PDIP.

"Banyak yang bertanya, kapan cawapres diumumkan? Sabar, sabar," kelakar Megawati, yang memakai kemeja merah motif hitam itu. 

Dalam pengumuman itu, hadir sejumlah ketua umum partai pengusung Ganjar, antara lain Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Hanura Oseman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. Hadir juga politikus PPP, Sandiaga Uno dan politikus Perindo Tuan Guru Bajang. 

Diketahui, pengumuman cawapres ini lebih awal dari biasanya. PDIP selama ini biasa mengumumkan pasangan capres-cawapres pada menit-menit terakhir jelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dengan demikian, sudah ada dua pasangan capres-cawapres jelang Pilpres 2024, setelah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dideklarasikan pada Sabtu, 2 September 2023 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Sementara, dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung bakal capres Prabowo Subianto sampai hari ini belum mendeklarasikan bakal cawapresnya. Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut bakal mendaminginya, pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan capres-cawapres berusia di bawah 40 tahun, namun sudah atau sedang menjabat kepala daerah. Sebab, Gibran yang kini masih berusia 36 tahun disebut-sebut terganjal syarat usia sebagai bakal cawapres.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Mahfud Disebut Cawapres Ganjar, Keberanian Megawati Dahului Jokowi

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya