Megawati Akan Berkomunikasi dengan Jokowi soal Cawapres Ganjar

Megawati juga akan berkomunikasi dengan parpol pendukung

Jakarta, IDN Times - DPP PDI Perjuangan telah resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Ganjar masih menjadi teka-teki.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah mengatakan, sosok pendamping Ganjar akan dibahas setelah koalisi partai politik pendukung terbentuk. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk membahas kandidat pendamping Ganjar.

"Prosesnya masih cukup panjang, kewenangan itu ada pada Ibu Mega tentu bersama Ketum parpol peserta kerja sama politik lainnya akan berdiskusi dengan Pak Jokowi dalam kapasitas sebagai kader PDIP," ujar Basarah di Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

1. Kriteria cawapres Ganjar masih dibahas

Megawati Akan Berkomunikasi dengan Jokowi soal Cawapres GanjarGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (IDN Times/Dhana Kencana)

Basarah menerangkan, cawapres Ganjar masih dalam pembahasan. Menurutnya, ada sejumlah nama yang masuk radar cawapres.

Namun, PDI Perjuangan masih enggan mengungkap siapa saja yang dibidik menjadi pendamping pria yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu.

"Ya sosok yang diincar tentu kalau dalam bahasa Ibu Mega sedang dipikirkan secara kontemplatif, dari nama-nama yang ada baik yang beredar di publik maupun yang tidak beredar di publik," ucap dia.

Baca Juga: Kata Adian Napitupulu Soal Posisi Calon Wakil Ganjar Pranowo

2. Cawapres Ganjar menjadi otoritas Megawati

Megawati Akan Berkomunikasi dengan Jokowi soal Cawapres GanjarKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP)

Lebih lanjut, Basarah menerangkan, penentuan cawapres Ganjar Pranowo merupakan otoritas Megawati. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak untuk bersabar.

"Saya kira otoritas itu ada pada Ibu Mega. Kita tunggu bulan, hari, jam, atau tanggal baiknya," kata dia.

Baca Juga: PDIP Sebut Akan Ada Parpol Lain Dukung Ganjar setelah PPP dan Hanura

3. Akan ada partai lain yang dukung Ganjar

Megawati Akan Berkomunikasi dengan Jokowi soal Cawapres GanjarKetua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Basarah menyebut akan ada partai lain yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres setelah PPP dan Hanura. PDIP masih membuka pintu kepada parpol lain memberikan dukungan kepada ganjar Pranowo.

“Mungkin setelah pemimpin-pemimpin partai yang sibuk mengurus pendaftaran bacaleg kemarin, baru kemudian akan dilakukan kembali komunikasi-komunikasi politik. Ibu Mega akan menugaskan Ibu Puan Maharani, Mas Prananda Prabowo dan segenap DPP PDI Perjuangan untuk membuka komunikasi politik untuk menjajaki partai-partai politik lainnya yang akan bergabung mendukung Pak Ganjar Pranowo,” jelasnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Ganjar Gandeng UGM Tangani Stunting, Bumil Diberi Beras Fortifikasi 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya