Menanti Megawati Umumkan Bakal Cawapres Ganjar Inisial M

Pengumuman digelar Rabu (18/10/2023) pukul 10.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, diagendakan mengumumkan bakal calon wakil presiden (cawapres) berinisial M, sebagai pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Pengumuman akan digelar di kantor DPP PDIP, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023), pukul 10.00 WIB.

Dalam pengumuman tersebut, sejumlah ketua umum partai pengusung Ganjar, seperti Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Hanura Oseman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono akan hadir.

Baca Juga: Mahfud Disebut Cawapres Ganjar, Keberanian Megawati Dahului Jokowi

1. Bakal cawapres Ganjar berinisial M

Menanti Megawati Umumkan Bakal Cawapres Ganjar Inisial MKepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Wakil Ketua Tim Pemenangan Ganjar Presiden (TPN GP), Benny Rhamdani, membocorkan bakal cawapres Ganjar berinsial M.

"Inisialnya M," ujar Benny kepada jurnalis, Selasa (17/10/2023).

Meski demikian, Benny enggan membeberkan siapa sosok berinial M itu.

"Siapa M? Itu bisa Mas Mahfud MD, bisa Mas Gibran, Mas Erick Thohir, Mas Andika Perkasa, Mas Ridwan Kamil dan Mbak Khofifah," kata dia.

Baca Juga: Ditanya soal Kans Mahfud Jadi Bakal Cawapres, Ganjar: Inisialnya Besok

2. Mahfud temui Megawati Selasa sore

Menanti Megawati Umumkan Bakal Cawapres Ganjar Inisial MKetua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Menkopolhukam Mahfud MD jelang pengumuman calon wakil presiden yang diusung PDIP. (Dok.Istimewa)

Pada H-1 jelang pengumuman, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, datang ke kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Pada Selasa malam (17/10/2023), foto pertemuan Mahfud dengan Megawati beredar. Dalam foto tersebut, keduanya nampak tersenyum menghadap kamera.

Sumber IDN Times membenarkan adanya pertemuan itu. Pertemuan tersebut menguatkan rumor inisial M adalah Mahfud.

3. Bakal cawapres Ganjar punya pengalaman trias politica

Menanti Megawati Umumkan Bakal Cawapres Ganjar Inisial MMuhammad Romahurmuziy (Instagram/@romahurmuziy)

Sementara, Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Muhammad Romahurmuziy, memberikan sejumlah petunjuk. Pria yang akrab disapa Rommy itu meyakini bakal cawapres Ganjar memiliki tingkat integritas yang tinggi. 

"Kami meyakini tokoh yang akan mendampingi Mas Ganjar adalah figur religius yang integritasnya sebagai pejabat publik sudah terentang lintas dekade," ujar Rommy dalam keterangan tertulisnya, kemarin. 

Rommy menyebut bakal cawapres tersebut memiliki pengalaman yang lengkap di tingkat eksekutif, legislatif dan yudikatif. "Pengalamannya yang lengkap berada di seluruh kamar trias politica. Rekam jejak kebersihannya tanpa kompromi akan sangat membangu Mas Ganjar untuk mewujudkan Indonesia hebat pada saatnya," kata dia. 

Bila dilihat dari kriteria individu yang memiliki pengalaman di tingkat eksekutif, yudikatif dan legislatif, mengerucut pada Mahfud. Ia kini sedang menjabat sebagai Menko Polhukam. Sebelumnya, Mahfud pernah duduk sebagai anggota parlemen di Komisi I, dan juga pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

4. Ganjar bicara kans Mahfud jadi bakal cawapresnya

Menanti Megawati Umumkan Bakal Cawapres Ganjar Inisial MBakal capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo ketika berbincang dengan Menko Polhukam, Mahfud MD pada Sabtu, 9 September 2023. (www.twitter.com/@ganjarpranowo)

Secara terpisah, Ganjar Pranowo masih enggan membeberkan siapa nama bakal cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

"Inisialnya besok, ya," ujar Ganjar di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, semua orang punya kans dipilih oleh gabungan partai politik untuk menjadi bakal cawapres. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak bersabar.

"Semua punya kans yang sama, kandidat siapa pun itu," kat Ganjar.

5. Pengumuman cawapres Ganjar dinilai keberanian Megawati mendahului Jokowi

Menanti Megawati Umumkan Bakal Cawapres Ganjar Inisial MMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ketika mendampingi Jokowi ke Malang pada 5 Oktober 2022. (Dokumentasi Polhukam)

Di sisi lain, Pengamat Politik dari Universitas Ailangga, Henri Subiakto, menilai jika Mahfud MD benar ditunjuk sebagai cawapres Ganjar, merupakan keberanian Megawati mendahului sikap politik Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Ini bentuk keberanian bu Mega mendahului keputusan pak Jokowi. Pak Jokowi masih di China didahului keputusan bu Mega,” kata Henri melalui akun X dikutip Selasa (17/10/2023).

Pencawapresan Mahfud, kata Henri, sudah tidak memiliki posisi tawar, sebab Megawati sudah memiliki pasangan capres-cawapres. Menurut dia, pencawapresan Mahfud menjadi pukulan politik bagi Presiden Jokowi.

“Tinggal mau dukung atau tidak kalau tidak Pak Jokowi bukan bagian dari Ganjar-Mahfud,” kata dia.

Sementara, menurut Henri, pencawapresan Gibran Rakabuming masih terhalang konstitusi. Sebab, putusan Mahkamah Konstutusi (MK) masih membutuhkan penafsiran apakah, perlu ada revisi peraturan KPU atau tidak.

Kalaupun perlu ada revisi PKPU, kata Henri, tentu dibutuhkan persetujuan dari legislatif. Sementara langkah itu belum bisa dilakukan dalam waktu singkat sebab saat ini DPR masih memasuki masa reses.

“Karena kalau merubah aturan PKPU tentu saja harus minta persetujuan dengan DPR dan berkonsultasi dengan DPR, DPR reses,” ujar dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya