PDIP Tegaskan Pertemuan Jokowi dan Mega Tak Ada Kesepakatan Capres

Pertemuan bertujuan hasilkan kesepahaman, bukan kesepakatan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengakui ada pembahasan soal calon presiden (capres) 2024 ketika bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di Istana Merdeka pada Sabtu (18/3/2023). Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut dalam pertemuan itu tak ada kesepakatan mengenai siapa sosok yang akan dipilih menjadi capres dari PDIP.

"Kemudian terkait dengan nama (capres), Pak Jokowi pun mengatakan nanti tanya sama Ibu Mega. Jadi kita tunggu keputusan dari Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Hasto dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Selasa (20/3/2023).

Baca Juga: Jokowi Akui Pertemuan dengan Megawati di Istana Bahas Capres 2024

1. Capres PDIP harus satu napas dengan Sukarno, Megawati dan Jokowi

PDIP Tegaskan Pertemuan Jokowi dan Mega Tak Ada Kesepakatan CapresSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengatakan, capres 2024 dari PDIP harus satu napas dengan gagasan Ir. Sukarno, Megawati dan Jokowi. Hasto mengatakan, PDIP juga terbuka bila ada partai lain yang ingin berkoalisi.

"Tentu saja nanti mungkin akan ada partai politik dalam kerja sama dan paling penting adalah topangan dari rakyat," ucap dia.

Menurutnya, pertemuan Jokowi dan Megawati tak ada kesepakatan. Pertemuan itu bertujuan untuk menghasilkan kesepahaman.

"Pertemuan antar kader ini kesepahaman, bagaimana (pemimpin selanjutnya dapat mewujudkan) seluruh ide pemikiran gagasan Bung Karno, nanti diwujudkan melalui tata pemerintahan negara yang baik," ucap dia.

Baca Juga: Megawati Tiga Jam Temui Jokowi di Istana, Ini yang Dibahas

2. Jokowi akui pertemuan dengan Mega bahas capres hingga pemilu

PDIP Tegaskan Pertemuan Jokowi dan Mega Tak Ada Kesepakatan CapresPresiden Jokowi bertemu dengan Megawati di Istana Negara, Jakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui ada pembahasan capres 2024 ketika bertemu dengan Megawati. Jokowi mengatakan, pertemuan itu juga terkait dengan pembahasan pemilu 2024.

"Ya pasti ada (bahas pemilu), kira-kira itu," ujar Jokowi di Gedung Dhanapala, Jakarta, Senin (20/3/2023).

3. Jokowi berikan data-data

PDIP Tegaskan Pertemuan Jokowi dan Mega Tak Ada Kesepakatan CapresPresiden Jokowi bertemu dengan Megawati di Istana Negara, Jakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Terkait dengan capres, Jokowi memberikan sejumlah data dan pandangan kepada Megawati.

"Yang jelas, saya memberikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data-data yang kita miliki," ucap dia.

Meski demikian, Jokowi tak mau membeberkan siapa capres yang akan diusung PDI Perjuangan di pemilu 2024. "Calonnya, tanya ke Bu Mega," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya